Sunday, February 7

Cara Mengaktifkan Dark Mode Di Instagram Terbaru

Sudah tau cara mengaktifkan dark mode di Instagram atau cara mengaktifkan mode gelap di Instagram? Bila Anda masih bingung bagaimana caranya, yuk simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahuinya.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang sangat hit dan popular bagi semua kalangan manusia, baik anak remaja, orang dewasa, bahkan orang tua pun memiliki akun Instagram.

Di Instagram banyak hal yang bisa dilakukan, layaknya sebuah media sosial, Anda dapat membuat postingan dalam bentuk foto dan video, saling mengikuti, mengirim pesa, live serta aktivitas menarik lainnya.

Tak heran dengan banyaknya fitur menarik tersebut membuat para pengguna Instagram lalai dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain dengan aplikasi Instagram.

Apalagi bila Anda berbisnis atau berjualan di Instagram, menatap layar aplikasi Instagram berjam-jam lamanya adalah sudah merupakan pekerjaan Anda.

Nah bagi Anda yang kesehariannya menghabiskan waktu berjam-jam membuka aplikasi Instagram pasti bikin mata Anda lelah dan perih dengan tampilan aplikasi Instagram yang sangat terang. Apalagi saat malam hari atau di tempat yang gelap, pasti bikin mata Anda tambah lelah dan sakit.

Namun Anda tidak perlu kuatir lagi bikin mata Anda jadi lelah dan perih, ternyata sekarang di aplikasi Instagram terdapat sebuah fitur yang bernama "Dark Mode atau "Mode Gelap" yang akan membuat tampilan aplikasi Instagram berwarna hitam untuk bagian latarnya.

Bagi sebagian orang, dengan tampilan latar berwarna gelap dan teks berwarna putih akan membuat mata mereka lebih nyaman apalagi ketika digunakan pada malam hari.

Selain itu, dengan mengaktifkan mode gelap di aplikasi Instagram ternyata dapat membuat baterai hp Anda jadi hemat, tapi khusus bagi mereka yang menggunakan layar hp tipe amoled.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan dark mode atau mode gelap di aplikasi Instagram?

Untuk mengaktifkan mode gelap di Instagram ada syaratnya, hp Android Anda harus sudah menggunakan OS Android 10 keatas, dan untuk hp iPhone harus iOS 13 keatas.

Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara mengaktifkan dark mode di Instagram versi terbaru:

Cara mengaktifkan dark mode di Instagram

Cara Mengaktifkan Dark Mode Di Instagram


1. Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Instagram yang ada di hp Android Anda, login dan buka bagian profil akun Anda. Selanjutnya klik pada icon garis tiga kebawah sudut atas paling kanan seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Selanjutnya klik menu "Pengaturan" paling bawah tersebut.


3. Lalu klik pada "Tema" menu paling bawah tersebut.


4. Langsung saja klik "Gelap" untuk langsung mengubah tampilannya menjadi gelap atau dark mode.


Selamat Anda telah berhasil mengaktifkan dark mode atau mode gelap di aplikasi Instagram. Sekarang tampilan aplikasi Instagram Anda sudah menjadi gelap pada latarnya dan teks berwarna putih.


Begitupun juga dengan profil akun Instagram Anda.


Pada beranda akun Instagram Anda.


Pada pesan DM.


Di percakapan.


Di menu notifikasi.


Di halaman komentar dan semua halaman lainnya telah berubah menjadi gelap pada latarnya.


Itulah cara mengaktifkan mode gelap atau dark mode di Instagram. Bila Anda sudah menggunakan Android tipe 10 ketas pasti tidak akan ada kendala sama sekali.

Cara mengaktifkan dark mode Instagram di iOS


Anda menggunakan hp iPhone? Nah cara mengaktifkan mode gelap atau dark mode di iPhone caranya cukup mudah sama saja dengan hp Android, namun Anda harus menggunakan iOS 13 terlebih dahulu agar fitur dark mode nya muncul.

Untuk hp Android, hampir semua merek hp Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, ViVo dan lain-lain dapat mengaktifkan fitur dark mode ini asal sudah menggunakan Android 10 keatas. Untuk Android 9 kebawah Anda tidak dapat melakukannya dan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Android 9, 8 kebawah


Bagi Anda yang menggunakan Android lama atau 9 kebawah, cara mengaktifkan mode dark mode nya bisa dilihat pada artikel cara mengaktifkan mode gelap di hp lama.

Tidak bisa mengaktifkan dark mode


Bila Anda sudah menggunakan Android atau iOS versi tertinggi namun masih belum terdapat juga menu mode gelap nya, coba lakukan update aplikasi Instagram di hp Anda, lalu restart hp Anda.

Kesimpulan


Mengaktifkan mode gelap atau dark mode di aplikasi Instagram tidak hanya membuat mata Anda nyaman ketika menggunakan Instagram berjam-jam lamanya, namun juga akan membuat baterai hp Anda menjadi hemat bila layar hp Anda tipe amoled.

Namun fitur dark mode ini tidak akan cocok bagi semua orang, ada juga sebagian orang malah membuat matanya jadi perih dan sakit setelah menggunakan mode gelap.

Bila mata Anda perih dan sakit ketika menggunakan dark mode ini sebaiknya stop dan segera beralih kembali ke mode normal karena bisa berbahaya bagi penglihatan Anda.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara mengaktifkan mode gelap atau dark mode di aplikasi Instagram. Bagaimana apakah Anda telah berhasil mengaktifkan mode gelap tersebut?

Bila ada masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar