Monday, September 23

Cara Upload Foto Di Instagram Lewat HP

Bagaimana cara upload foto di Instagram lewat hp Android maupun iPhone? Setelah membuat akun Instagram kurang lengkap rasanya tanpa mengunggah foto maupun video satupun, karena Instagram adalah aplikasi sosial media berbagi foto.

Dengan hanya memiliki sebuah nomor hp yang masih aktif atau alamat email, Anda sudah bisa membuat akun Instagram dan membagikan foto-foto indah Anda ke seantero dunia.

Iya, hampir mirip dengan sosial media pertemanan Facebook yang merupakan kakak kandungnya Instagram. Namun kalau di Facebook hampir semua postingan dapat di bagikan ke profil, seperti pesan teks, status perasan, membagikan postingan orang, persinggahan, dan lain-lain.

Kalau di Instagram kita hanya bisa mengupload foto maupun video saja ke dalam feeds profil akun Instagram kita.

Nah disinilah menariknya Instagram jika dibandingkan dengan Facebook, profil akun Instagram kita akan terlihat lebih bersih dan rapi tanpa adanya postingan macam-macam seperti di fb.

Bagi Anda yang baru saja membuat akun Instagram mungkin agak bingung bagaimana cara upload foto di aplikasi Instagram karena banyak sekali langkah-langkah yang harus dilewati.

Dengan banyaknya langkah dan fitur-fitur yang mesti dilakukan, hal ini akan menambah kebingungan Anda karena Anda tidak tau fitur yang perlu dan yang tidak perlu untuk ditambahkan pada postingan Anda.

Maka dari itu, dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap, detail, dan lengkap dengan gambar tutorial cara memasukkan foto ke Instagram.

Lantas bagaimana cara upload foto di IG? Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara upload foto di Instagram lewat hp mudah dan cepat:

Cara Upload Foto Di Instagram Lewat HP

Cara Upload Foto Di Instagram Terbaru Lengkap


1. Langkah yang pertama yang harus Anda lakukan untuk cara upload foto ke Instagram lewat hp Android maupun iPhone adalah membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram nya. Bila sudah terbuka silahkan klik icon "+" di bawah paling tengah seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Klik icon seperti yang ditunjukkan pada panah gambar dibawah ini agar foto Anda tidak terpotong bila foto yang Anda upload adalah foto landscape atau potret. Bila foto yang Anda upload memiliki rasio panjang x lebar 1 : 1, maka Anda tidak perlu pencet tombol tersebut karena sudah pas dengan ukuran standar Instagram. 


Anda juga bisa mengatur komposisi foto dan mengatur ukurannya sesuai keinginan Anda dengan cara memperbesar dan memperkecil pada gambar tersebut.

3. Klik icon kotak tertindih seperti yang ditunjukkan panah pada gambar dibawah ini untuk mengupload foto banyak di Instagram (multiple foto).


4. Silahkan pilih foto mana saja yang ingin Anda upload dalam satu postingan, maksimal 10 foto dan video. Anda juga bisa memilih foto mana yang akan di tampilkan di slider pertama. Nomor 1 tersebut berarti akan ditampilkan di slider pertama.


5. Selain bisa memasukkan foto dari galeri HP, Anda juga bisa memasukkan foto ke Instagram dengan cara memotret langsung dengan menggunakan fitur kamera pada aplikasi Instagram ini. Caranya silahkan klik pada tulisan foto maupun video seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


6. Kemudian kamera akan nyala. Klik tombol memotret tersebut untuk mengambil foto, lalu untuk merekam video Anda bisa klik pada bagian video sebelah kanannya.


7. Bila foto nya sudah ada atau sudah Anda pilih baik dari galeri hp Anda maupun dengan cara memotret langsung dengan menggunakan kamera pada aplikasi Instagram, silahkan klik "Selanjutnya" untuk lanjut mengupload foto ke IG.


8. Bila Anda belum sempat mengedit fotonya lewat aplikasi edit foto, maka Anda juga bisa mengedit foto secara sederhana di aplikasi Instagram ini, klik icon matahari tersebut bila Anda ingin menambah dan mengurangi kontras foto.


9. Klik tahan dan geser ke kiri atau kekanan untuk memilih tingkat ketajaman kontras nya. Bila sudah silahkan klik "SELESAI".


10. Selain itu Anda juga bisa menambahkan berbagai filter yang disediakan oleh aplikasi Instagram ini. Silahkan klik pada filter yang Anda sukai.


11. Klik tahan lalu geser ke kiri dan ke kanan untuk mengatur tingkat kecerahan kontras nya. Klik "SELESAI" bila sudah.


12. Untuk mengedit foto lebih lengkap lagi di aplikasi Instagram ini, Anda bisa klik icon "EDIT" paling bawah sebelah kanan.


13. Silahkan pilih bagian apa yang ingin Anda edit, seperti sesuaikan, kecerahan, kontras, struktur dan lain-lain. Klik tahan dan geser ke kiri atau ke kanan untuk menyesuaikannya. Bila sudah klik "SELESAI".


14. Klik "Selanjutnya" untuk menyelesaikan proses upload foto ke Instagram ini.


15. Silahkan masukkan caption atau deskripsi foto yang Anda unggah tersebut. Anda juga bisa memasukkan hashtag dibawah keterangan foto tersebut. Selain caption dan hashtag, Anda juga bisa menyebut akun lainnya dalam caption foto tersebut dengan cara menambah kan tanda (@) di awal nama pengguna akun Instagram orang lain, contoh @kepomediacom. Untuk menandai orang dalam foto, silahkan klik "Tandai Orang".


16. Klik pada bagian mana saja dalam foto tersebut.


17. Ketik di kotak pencarian nama akunnya, bila sudah muncul silahkan klik pada bagian akun tersebut.


18. Bila Anda ingin menandai banyak akun, maka Anda bisa menambahkannya lagi dengan cara klik pada bagian mana saja pada foto tersebut. Klik icon conteng kanan atas bila sudah selesai menandai orang.


19. Untuk menambahkan lokasi, seperti lokasi dimana foto tersebut di ambil, atau dimana posisi Anda saat sedang mengupload foto tersebut, maka silahkan klik "Tambahkan Lokasi". Jangan lupa untuk menyalakan GPS atau lokasi di hp Anda terlebih dahulu agar nama lokasinya bisa keluar.


20. Silahkan masukkan nama lokasi di kontak pencarian tersebut, bila sudah ketemu nama lokasi yang ingin Anda tambahkan silahkan pilih nama lokasi tersebut.


21. Bila postingan ini juga ingin Anda bagikan ke sosial media Anda lainnya seperti Facebook, Twitter dan-lain-lain, maka Anda bisa conteng pada nama sosial media tersebut dan Anda akan diarahkan menuju halaman untuk login ke sosial media tersebut untuk login. Bila sudah silahkan klik "Bagikan" kanan atas untuk langsung mengupload foto di Instagram.


22. Selamat Anda telah berhasil mengupload foto di Instagram. Anda bisa klik icon love untuk menyukai foto tersebut, klik icon komentar tengah untuk mengomentari foto tersebut dan klik icon share untuk membagikan foto tersebut ke teman Anda di Instagram atau ke story Anda.


Bila Anda ingin mengeditnya lagi seperti mengganti caption, hashtag, menandai orang, lokasi dan lain-lain Anda bisa klik icon titik tiga tersebut kanan paling atas.

Bila Anda buka profil akun Instagram Anda, maka seperti dibawah ini tampilan profil akun Anda dan foto yang di upload tadi juga sudah berada di feeds akun ig Anda.


Itulah cara upload foto di Instagram terbaru lengkap dengan gambar. Bagaimana apakah Anda sudah bisa mengupload foto ke Instagram lewat hp ini?

Mengedit foto dengan menggunakan aplikasi Instagram seperti saat mengupload tersebut akan membuat foto Anda turun kualitas nya, alias bisa pecah dan tidak tajam lagi.

Sebaiknya edit lah foto Anda terlebih dahulu sebelum upload ke Instagram dengan aplikasi edit foto lainnya, seperti Lightroom, Snapseed, VSCO CAM, Pixlr, dan aplikasi edit foto lainnya.

Ingat upload lah foto milik Anda sendiri. Bila Anda mengupload foto milik orang lain jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu.

Karena tanpa meminta izin terlebih dahulu, bila pemilik foto tersebut tau, Anda bisa dimarahi bahkan bisa dituntut. Sangat mengerikan bukan?

Selain itu, bila pemilik foto tersebut melaporkan akun Anda ke Instagram, selain foto tersebut akan dihapus oleh Instagram, akun Instagram Anda juga bisa dinonaktifkan. Tidak mau kan sudah capek-capek ngumpulin banyak followers eh akun nya dihapus oleh ig.

Patuhi juga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Instagram lainnya, seperti tidak mengupload foto keterlanjangan, kekerasan, sara, obat-obatan terlarang, dan lain-lain agar akun Anda tidak kena sanksi oleh Instagram.

Demikian artikel cara posting di Instagram atau cara memasukkan foto ke Instagram lewat hp ini. Bila terdapat masalah atau kendala silahkan bertanya dikolom komentar bawah. Demikian dan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar