Sunday, January 24

6 Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul

Bagaimana cara mengatasi caption Instagram tidak muncul atau deskripsi pada postingan di Instagram hilang? Bila Anda mengalami masalah ini, yuk simak artikel ini sampai tuntas untuk melihat cara mengatasinya.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang cukup hit dan banyak digunakan di zaman sekarang ini. Hampir semua golongan manusia memiliki akun Instagram, baik anak remaja, orang dewasa bahkan orang tua pun memiliki akun Instagram.

Di Instagram banyak hal yang bisa dilakukan, layaknya sebuah media sosial, di Instagram Anda bisa mencari teman, bisa chatting, melakukan video call, live, bikin story dan sudah pasti dapat membuat postingan dalam bentuk foto dan video.

Nah berbicara masalah postingan di Instagram, sebelum Anda mengupload postingan tersebut, Anda bisa menambahkan keterangan atau caption pada postingannya.

Namun banyak kasus setelah postingan tersebut di posting tiba-tiba captionnya hilang, kosong dan hanya postingan tersebut saja yang terposting. Apakah hal ini menimpa Anda?

Saat Anda ingin menyunting nya kembali dan melakukan penyimpanan tiba-tiba keluar notifikasi pemberitahuan "Suntingan Anda belum disimpan. Coba lagi!".

Hal ini pasti bikin Anda kesal dan marah-marah sendiri, betapa tidak Anda sudah capek-capek mikir buat nulis captionnya dengan panjang lebar, eh tiba-tiba caption tersebut hilang tidak muncul.

Lantas bagaimana cara mengatasi Instagram tidak ada caption? Namun sebelum membahas cara mengatasi caption tidak muncul di Instagram, Anda patut mengetahui dulu penyebab caption Instagram tidak muncul seperti dibawah ini:

Penyebab Caption Instagram Tidak Muncul


1. Caption terlalu panjang


Penyebab utama kenapa caption Instagram hilang adalah karena Anda terlalu panjang menaruh caption pada postingan nya. Pihak Instagram membatasi seberapa panjang Anda bisa menaruh caption pada postingan Instagram.

Jumlah caption yang bisa Anda taruh di Instagram adalah 2200 karakter. Jadi usahakan jangan sampai melebihi angka tersebut karena caption Anda tersebut bisa tidak muncul.

Bila caption yang ingin Anda tulis pada caption cukup panjang, sebaiknya tulis saja sisa nya di kolom komentar. Banyak kok akun-akun berita yang melakukan hal tersebut yaitu membuat part-part nya di kolom komentar bila artikel tersebut cukup panjang.

2. Terlalu banyak menaruh hashtag


Selain itu terlalu banyak menaruh hashtag atau tagar di postingan Instagram juga akan membuat caption Anda tidak muncul atau hilang. Pihak Instagram membatasi berapa banyak hashtag yang bisa Anda taruh di setiap postingan.

Jumlah hashtag yang bisa ditaruh pada postingan Instagram adalah sebanyak 30 hashtag. Jadi usahakan hashtag yang Anda akan taruh tersebut tidak melebihi angka tersebut.

3. Menggunakan hashtag terlarang


Menggunakan hashtag terlarang atau yang sudah di blokir di Instagram juga akan membuat caption Anda hilang dan tidak muncul.

Apa itu hashtag terlarang di Instagram? Memang sangat sulit untuk mengetahui apa saja hashtag yang dilarang di Instagram, namun biasanya hashtag yang dilarang pakai di Instagram yang memiliki unsur ajakan seksual, kriminal, rasis dan sejenisnya. Pastikan Anda tidak menggunakan hashtag yang berkaitan dengan hal tersebut.

Nah diatas adalah beberapa penyebab caption di Instagram tidak muncul? Lantas bagaimana cara mengatasi caption Instagram tidak muncul? Caranya seperti dibawah ini:

Cara mengatasi caption Instagram hilang

Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul


Memang maslah caption di Instagram tidak muncul disebabkan oleh hal-hal yang sudah dijelaskan diatas, seperti caption terlalu panjang, hashtag yang ditaruh cukup banyak dan hal lainnya yang tidak kita ketahui.

Namun bila sesudah melakukan hal-hal diatas Anda masih belum bisa menaruh caption pada postingan Instagram, caption selalu hilang dan tidak tampil setelah diposting, berikut adalah beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi caption Instagram tidak muncul ini:

1. Update aplikasi Instagram


Mungkin siapa tau masalah caption pada Instagram tidak muncul disebabkan oleh aplikasi Instagram sendiri yang ada bug nya. Silahkan update aplikasi Instagram Anda ke versi terbaru. Dengan mengupdate aplikasi Instagram ke versi terbaru, masalah tersebut akan teratasi karena disetiap update nya pihak Instagram akan memperbaiki bila ada masalah pada aplikasi Instagram termasuk masalah caption tidak muncul ini.

2. Hapus cache dan data Instagram


Setelah melakukan update aplikasi Instagram ke versi terbaru, Anda bisa juga menghapus cache dan data pada aplikasi Instagram agar aplikasi Instagram kembali fresh. Caranya silahkan buka menu pengaturan pada hp Android atau iPhone yang Anda gunakan, lalu klik menu aplikasi dan cari aplikasi Instagram, klik pada media penyimpanan, nah selanjutnya silahkan hapus cache dan data Instagram.

Yang patut diketahui, menghapus data Instagram akan membuat informasi login akun Instagram Anda akan dihapus juga, pastikan Anda tidak lupa dengan informasi login akun Instagram Anda tersebut karena nanti akan diminta memasukkan kembali.

3. Restart HP


Langkah yang terakhir adalah merestart hp Anda. Merestart hp akan membuat semua aplikasi yang sedang berjalan dilatar hp akan ditutup semua dan membuat hp Anda kembali fresh.

Itulah beberapa solusi cara mengatasi kenapa caption di Instagram tidak muncul setelah Anda memposting sesuatu di Instagram.

Tips


Bila Anda takut caption yang telah Anda ketik panjang-panjang tersebut hilang lagi ketika Anda posting, untuk menjaga-jaga Anda bisa menyalin nya terlebih dahulu. Jadi bila hilang Anda tidak perlu buang-buangt energi buat menulis ulang lagi.

Aplikasi penghitung jumlah karakter


Di Instagram Anda tidak bisa mengetahui berapa jumlah karakter teks yang sudah Anda ketik pada postingan Instagram seperti ketika Anda menyunting bio, namun Anda bisa menggunakan sejumlah aplikasi pihak ketiga untuk menghitung karakter nya agar tidak lebih dari 2200 kata.

Aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah:
  • Word Counter
  • Word Count Tools
  • Count Anything
  • Word Count
  • WordCounter360°

Aplikasi diatas dapat Anda download di Google Play Store dan di Apple App Store dengan gratis.

Kesimpulan 


Lalukan tips dan cara mengatasi caption di Instagram tidak muncul seperti yang sudah dibahas diatas. Jangan sampai lagi caption yang sudah capek-capek Anda ketik dan mikir hilang dengan begitunya lagi. Pasti hal tersebut bikin Anda kesal dan putus asa.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara mengatasi caption Instagram hilang. Bagaimana apakah Anda sudah dapat mengatasi masalah caption di Instagram tidak muncul tersebut?

Bila ada masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar