Saturday, December 19

11 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Bagaimana cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka? Instagram adalah aplikasi media sosial berbagi foto yang cukup hit dan banyak digunakan pada zaman sekarang ini.

Sesuai dengan namanya yaitu media sosial berbagi foto, sudah pasti di Instagram terdapat banyak foto dan video menarik yang di upload oleh para penggunanya.

Sama hanya dengan media sosial lainnya, di Instagram Anda juga dapat mencari teman, saling berteman, mengirim pesan, membuat story, live dan aktivitas layaknya media sosial lainnya.

Instagram adalah aplikasi buatan manusia, sudah pasti tidak akan sempurna dan tidak terdapat masalah apa-apa.

Nah saat Anda sedang asyik bermain dengan Instagram apakah secara tiba-tiba aplikasi Instagram keluar sendiri? Atau tidak bisa dibuka?

Biasanya sering keluar pesan seperti "Instagram terus berhenti, info aplikasi, Tutup aplikasi, Kirim masukkan", "Sayangnya, Instagram telah berhenti", "Instagram tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?", "Unfortunately. Instagram has stopped" atau "Instagram not responding" serta pesan kesalahan lainnya yang muncul.

Selanjutnya Anda membuka kembali lalu terus muncul pesan kesalahan seperti diatas tadi? Atau aplikasi Instagram tidak bisa dibuka lagi? Baik di hp Android atau iPhone Anda?

Hal ini pasti bikin Anda kesal dan bete. Namun Anda tidak perlu kuatir, dengan sedikit trik dibawah ini Anda sudah bisa mengatasi masalah Instagram tidak bisa dibuka hari ini.

Namun sebelum membahas cara mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka tersebut, Anda patut tau terlebih dahulu apa penyebab aplikasi Instagram tidak bisa dibuka dibawah ini:

Penyebab Instagram tidak bisa dibuka hari ini


1. Aplikasi Instagram sedang error

Penyebab utama aplikasi Instagram tidak bisa dibuka dan keluar sendiri ketika digunakan adalah karena Instagram itu sendiri sedang error, server Instagram down dan hal lainnya. Biasanya kalau penyebabnya karena hal ini Anda tidak perlu kuatir, pihak Instagram akan segera memperbaikinya dan tidak perlu menunggu waktu lama akan normal kembali.

2. Menumpuknya file sampah di hp

Menumpuknya file sampah di hp juga dapat menyebabkan aplikasi Instagram jadi berat. Jadi ketika Anda membukanya Instagram akan langsung keluar sendiri. Namun tidak hanya terjadi pada aplikasi Instagram, aplikasi yang lain juga akan mengalami masalah yang sama.

3. Memori penuh

Selain itu, memori hp yang penuh juga akan mengakibatkan aplikasi Instagram jadi berat ketika dibuka. Memori hp yang penuh disebabkan karena banyaknya aplikasi yang di install dan dibuka secara bersamaan.

4. Aplikasi Instagram tidak di update

Aplikasi Instagram yang jarang di update ternyata dapat membuat aplikasi Instagram itu berjalan tidak sempurna dan akhirnya bisa keluar sendiri, tidak bisa dibuka dan hal lainnya.

5. OS yang sudah usang

Masih menggunakan OS yang sudah usang ternyata dapat membuat aplikasi Instagram berjalan tidak sempurna, karena aplikasi Instagram update terbaru pasti mengharuskan Anda menggunakan OS terbaru juga.

6. Kuota habis

Nah apakah kuota internet Anda masih ada? Bila kuota internet Anda sudah habis, aplikasi Instagram memang bisa dibuka, namun Anda tidak bisa melihat postingan terbaru yang di upload oleh teman Anda.

7. HP panas

Terlalu lama bermain dengan hp bisa mengakibatkan hp menjadi panas, lalu berefek ke aplikasi yang Anda buka seperti Instagram. HP yang panas akan membuat aplikasi Instagram berjalan tidak sempurna dan akhirnya bisa keluar sendiri.

Itulah beberapa penyebab Instagram tidak bisa dibuka. Lantas bagaimana cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka? Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini cara mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka dengan mudah:

Cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka


1. Cek jaringan



Bila aplikasi Instagram tidak bisa dibuka karena kesalahan jaringan, sudah pasti hal yang harus Anda lakukan adalah mengecek jaringan, siapa tau sedang terjadi gangguan jaringan di operator yang sedang Anda gunakan.

2. Tutup aplikasi Instagram yang berjalan dilatar



Silahkan tutup aplikasi Instagram yang sedang berjalan dilatar, caranya tekan tombol recent apps di hp Anda, lalu tutup aplikasi Instagram atau tutup semua untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dilatar tersebut. Dengan begitu hp akan menjadi ringan kembali lalu aplikasi Instagram akan mudah dibuka.

3. Hapus cache



Setelah menutup aplikasi Instagram, selanjutnya Anda bisa menghapus memori pada aplikasi Instagram. Caranya silahkan buka menu pengaturan, lalu aplikasi dan cari aplikasi Instagram. Selanjutnya klik pada penyimpanan. Klik "Hapus memori" untuk membersihakan file sampah atau cache yang ada pada aplikasi Instagram.

4. Hapus data



Setelah menghapus file cache bila aplikasi Instagram masih belum bisa dibuka atau sering keluar sendiri ketika Anda sedang bermain dengan Instagram, Anda bisa menghapus data yang ada pada aplikasi Instagram. Caranya silahkan buka menu pengaturan yang ada pada hp Anda, lalu aplikasi dan cari aplikasi Instagram. Klik pada penyimpanan, selanjutnya klik "Hapus data".

Menghapus data pada aplikasi Instagram akan membuat informasi login Anda dihapus. Pastikan Anda sudah mengingat kata sandi akun Instagram Anda.

5. Restart hp



Setelah melakukan langkah-langkah seperti diatas, selanjutnya silahkan restart hp Anda. Merestart hp akan membuat hp menjadi ringan, semua file yang berjalan dilatar akan dihapus semua. Jadi aplikasi Instagram akan menjadi ringan.

6. Update aplikasi Instagram



Apakah aplikasi Instagram Anda tidak pernah di update? Bila iya akan menyebabkan aplikasi Instagram menjadi lambat dan sejumlah fitur baru tidak bisa Anda nikmati yang ada pada aplikasi Instagram. Silahkan update aplikasi Instagram Anda ke versi terbaru. Buka Google Play Store lalu cari aplikasi Instagram dan klik update. Begitu juga bagi pengguna IOS, buka Apple Apps Store lalu cari aplikasi Instagram dan klik update.

7. Logout dan masuk kembali


Aplikasi Instagram masih tidak bisa dibuka atau sering keluar sendiri? Silahkan buka aplikasi Instagram lalu masuk ke menu pengaturan dan klik keluar dari akun Instagram. Silahkan login kembali.

8. Hapus dan instal kembali



Hapus dan pasang kembali aplikasi Instagram untuk mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka. Caranya buka Google Play Store, cari aplikasi Instagram lalu klik unistal dan instal kembali. Bagi pengguna IOS silahkan buka Apple Apps Store, cari aplikasi Instagram dan klik unistal lalu instal kembali.

9. Update OS



Silahkan cek mungkin siapa tau hp Anda sudah saatnya update OS. Caranya buka menu pengaturan, klik pada "Update perangkat lunak" dan klik update bila update OS nya tersedia.

Menggunakan OS versi terbaru juga akan mempengaruhi pada aplikasi yang di instal, membuat aplikasi tersebut berjalan dengan sempurna dan ringan. Namun tidak semua merek dan tipe hp mendapatkan update OS versi terbaru. Biasanya hp-hp keluaran terbaru akan lebih sering mendapatkan update OS.

10. Tambah media penyimpanan



Penyebab lainnya Instagram tidak bisa dibuka adalah karena media penyimpanan di hp Anda hampir penuh. Untuk mengatasinya Anda bisa menambah media penyimpanan.

11. Kembali ke pengaturan pabrik



Sudah melakukan kesemua hal diatas namun aplikasi Instagram Anda masih sering keluar sendiri dan tidak bisa dibuka? Langkah yang terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mereset hp Anda ke pengaturan pabrik.

Namun sebelum melakukan cara ini pastikan Anda sudah melakukan backup semua data penting di hp Anda, seperti informasi login, dokumen, file media dan lain-lain.

Itulah beberapa cara mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka lewat hp Android atau pun iPhone Anda. Lakukan cara-cara diatas untuk mengatasi Instagram tidak bisa dibuka tersebut.

Kesimpulan


Tidak ada aplikasi yang bisa berjalan dengan sempurna, pasti lama-lama juga terdapat masalah dan hal-hal yang mengganggu lainnya seperti keluar sendiri ketika sedang asyik bermain dan malah tidak bisa dibuka sama sekali. Lakukan hal-hal diatas untuk mengatasi masalah pada aplikasi Instagram tersebut.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka dengan mudah. Bagaimana apakah setelah melakukan hal-hal diatas Anda masih juga mengalami berbagai masalah di aplikasi Instagram?

Bila ada masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar