Thursday, December 10

12 Cara Mengatasi Instagram Yang Berhenti Sendiri

Bagaimana cara mengatasi Instagram yang tiba tiba berhenti? Instagram adalah media sosial berbagi foto yang cukup populer dan sangat banyak jumlah penggunanya.

Sama hanya dengan media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter, Instagram selain dapat dibuka lewat aplikasi nya yang ada ada di hp Android dan iPhone, Instagram juga dapat dibuka lewat PC atau web Instagram.

Di sebuah smartphone baik itu hp Android atau IOS, aplikasi Instagram tidak akan selalu berjalan mulus tanpa adanya masalah dan kendala apapun.

Banyak sekali keluhan dari para pengguna Instagram saat mereka sedang asyik bermain dengan aplikasi Instagram nya, seperti tiba tiba aplikasi Instagram berhenti sendiri, buka lagi dan terus berhenti lagi.

Tak jarang juga muncul pesan peringatan seperti "Sayangnya, Instagram telah berhenti", "Instagram tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?", "Unfortunately. Instagram has stopped" atau "Instagram not responding" serta pesan kesalahan lainnya yang muncul.

Nah apa yang akan Anda lakukan ketika aplikasi Instagram berhenti sendiri ketika Anda sedang asyik bermain dengan aplikasi Instagram? Pasti hal ini bikin Anda kesal dan marah-marah sendiri.

Lantas bagaimana cara mengatasi Instagram yg berhenti? Namun sebelum membahas cara mengatasi Instagram yang terus berhenti, Anda patut tau terlebih dahulu hal apa yang menyebabkan Instagram terhenti sendiri berikut ini:

Penyebab Instagram yang Terus Berhenti


1. Aplikasi Instagram tidak di update

Penyebab utama kenapa aplikasi Instagram Anda terhenti adalah karena aplikasi Instagram Anda tidak di update. Aplikasi Instagram yang tidak di update akan terus membuat masalah pada hp Anda.

2. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau aplikasi yang tidak ditutup akan memakan ran banyak, jadi akan membuat aplikasi Instagram tidak kecukupan ran, lalu menyebabkan aplikasi Instagram Anda lambat.

3. RAN hp penuh

RAN hp penuh juga dapat menyebabkan aplikasi Instagram berjalan tidak sempurna, lalu berhenti sendiri.

4. Banyak file sampah

Banyaknya file sampah di hp juga akan menyebabkan aplikasi Instagram terhenti atau lelet.

5. HP yang sangat panas

HP yang panas bisa disebabkan karena terlalu lama bermain dengan hp dan masalah pada jaringan akhirnya berefek ke aplikasi Instagram dan membuat nya lelet.

6. Tidak update OS

Masih menggunakan sistem operasi yang lama atau tidak di update ternyata dapat membuat aplikasi Instagram berjalan tidak sempurna. Aplikasi update terbaru sudah pasti tidak akan support lagi pagi OS lama.

Itulah beberapa penyebab kenapa aplikasi Instagram terus berhenti. Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara mengatasi Instagram yang sering berhenti sendiri:

Cara mengatasi Instagram yang berhenti

Cara Mengatasi Instagram Yang Telah Berhenti


1. Hapus semua aplikasi yang berjalan dilatar



Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi Instagram yang suka keluar sendiri adalah menghapus semua aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang. Caranya Anda bisa pencet tombol recent aplikasi di hp Anda, lalu klik "Tutup semua".

2. Bersihkan File Cache Aplikasi Instagram



Cara yang kedua bisa dengan cara menghapus file cache. Caranya silahkan buka halaman pengaturan hp Anda, lalu aplikasi dan cari aplikasi Instagram. Cari menu penyimpanan lalu klik "Hapus memori" atau "Hapus cache".

3. Hapus Data Aplikasi Instagram



Bila menghapus cache masih belum ampuh dan membuat aplikasi Instagram masih suka berhenti sendiri, Anda bisa menghapus data Instagram. Caranya sama seperti menghapus cache diatas. Buka menu pengaturan pada hp Anda, aplikasi dan cari aplikasi Instagram. Buka menu penyimpanan dan klik "Hapus data".

Yang patut diketahui, menghapus data Instagram akan membuat informasi logihn pada aplikasi Instagram Anda akan dihapus. Pastikan Anda tidak lupa kata sandi akun Instagram Anda.

4. Bersihkan Semua Cache di HP



Untuk membersihkan semua cache atau file sampah di hp, caranya bisa lewat menu yang ada di hp atau lewat aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner dan lain-lain. Bila lewat hp bisa lewat menu pengaturan hp, lalu perawatan perangkat. Lalu klik perbaiki sekarang.

5. Restart HP



Selain cara-cara diatas, Anda bisa mencoba me-restart hp Anda. Hp setelah di restart biasanya akan kencang kembali, semua aplikasi yang berjalan di latar akan dihapus dan ditutup semua.

6. Update Aplikasi Instagram



Ini sangat penting. Anda harus mengupdate aplikasi Instagram Anda. Coba cek mungkin siapa tau aplikasi Instagram Anda masih menggunakan versi terdahulu jadi sudah pasti tidak akan berjalan dengan sempurna lagi. Mengupdate aplikasi Instagram akan membuat aplikasi Instagram jadi kencang karena adanya penambahan fitur dan sejumlah perbaikan lainnya.

7. Uninstal aplikasi Instagram



Setelah di update ke versi terbaru akan tetapi aplikasi Instaram Anda masih lelet dan suka keluar sendiri, maka Anda bisa mencoba untuk menghapus aplikasi Instagram dan memasang nya kembali. Namun jangan lupa kata sandi ig Anda karena akan diminta masukkan kembali nanti.

8. Update OS HP



Coba cek mungkin siapa tau OS hp Anda meminta update dan Anda belum melakukan update. Sistem operasi hp yang tidak di update akan membuat aplikasi yang di instal di hp jadi lelet termasuk dengan aplikasi Instagram. Silahkan update OS hp Anda.

9. Periksa Jaringan



Periksa juga jaringan hp Anda. Jaringan hp yang tidak stabil juga dapat mempengaruhi aplikasi Instagram dan membuat aplikasi Instagram lelet.

10. Kembali ke pengaturan pabrik



Cara ini bisa Anda coba bila kesemua cara diatas tidak berhasil mengatasi aplikasi Instagram yang terus berhenti. Ingat cara ini sangat beresiko, yaitu dapat menghilangkan semua data Anda di hp, baik foto, dokumen dan lain-lain. Pastikan Anda telah melakukan backup terlebih dahulu sebelum mencoba cara ini.

11. Tambah memory penyimpanan



Apakah hp Anda tidak menggunakan kartu memori penyimpanan tambahan? Bila penyimpanan hp Anda terlalu kecil dan hampir penuh, Anda bisa menambah kartu SD atau penyimpanan eksternal. Nah nanti Anda dapat memindahkan instalasi aplikasi Instagram tersebut ke kartu SD. Jadi akan membuat aplikasi Instagram berjalan dengan lancar. Pastinya masalah Instagram yang tiba-tiba terhenti akan teratasi.

12. Ganti hp baru


Semua cara diatas sudah Anda lakukan semua, akan tetapi aplikasi Instagram Anda masih tetap lelet, lambat dan sering terhenti sendiri? Penyebab yang terakhir adalah Anda menggunakan hp yang dikeluarkan 3 tahun lalu atau lebih.

Untuk hp Android, bisa digunakan sampai 3 tahun. Bila lebih dari 3 tahun maka akan lelet karena tidak mendapatkan update OS lagi dan lain-lain.

Untuk hp iPhone, bisa digunakan sampai 5 tahun. Lebih dari 5 tahun akan lelet juga karena tidak mendapatkan update OS dan lain-lain.

Jadi menggunakan HP lama sudah pasti OS nya OS lama juga yang tidak support lagi dengan aplikasi Instagram yang syarat nya harus OS terbaru. Otomatis membuat aplikasi Instagram berjalan tidak sempurna lalu lelet.

Tangkapan layar diatas menggunakan HP Samsung


Semua tangkapan layar diatas menggunakan hp Samsung. Bagi Anda yang menggunakan hp Xiaomi dan hp-hp lainnya caranya tidak berbeda jauh dengan hp Samsung diatas. Silahkan sesuaikan dengan merek dan tipe hp Anda.

Bagi pengguna iPhone


Anda menggunakan hp iPhone atau IOS? Cara mengatasi Instagram yang berhenti sama juga dengan menggunakan hp Android diatas. Cuma mungkin yang berbeda cara di menu pengaturannya saja.

Kesimpulan


Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi Instagram yang suka berhenti sendiri. Lakukan salah satu cara diatas atau semua cara diatas untuk mengatasi masalah pada aplikasi Instagram di hp Anda yang berhenti sendiri.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara mengatasi Instagram yang terhenti. Bagaimana apakah Anda sudah berhasil mengatasi masalah tersebut?

Bila ada kendala atau hal lain yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar