Wednesday, March 3

24 Batasan Di Instagram Yang Wajib Diketahui

Apa saja batasan batasan di Instagram atau limit di Instagram seperti berapa batas postingan di Instagram, berapa maksimal tag orang di Instagram, batas follow ig perhari, dan batasan atau limit lainnya?

Yuk simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui batasan-batasan di Instagram dan jangan sampai deh akun Instagram Anda kena limit, diblokir melakukan aktivitas tertentu untuk sementara waktu atau bahkan akun Instagram Anda bisa dinonaktifkan oleh pihak Instagram. Sangat ngeri bukan?

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang cukup hit dan popular, hampir semua golongan manusia memiliki akun Instagram, baik itu anak remaja, orang dewasa bahkan orang tua pun memiliki akun Instagram.

Sama hanya dengan media sosial lainnya, banyak hal yang bisa dilakukan di Instagram, seperti membuat postingan dalam bentuk foto dan video, mengikuti akun orang, mengirim pesan, dan aktivitas lainnya layaknya sebuah media sosial.

Nah yang namanya sebuah media sosial atau aplikasi media sosial yang dibuat oleh manusia, sudah pasti ada syarat dan ketentuannya, batasan-batasannya atau limit, bila Anda melanggarnya sudah pasti akan ada sanksi yang diberikan oleh pihak Instagram terhadap akun Instagram Anda.

Bila di Facebook Anda hanya dapat berteman dengan orang lain sebanyak 5000 orang, lalu di Twitter Anda hanya dapat follow maksimal 400 akun dalam sehari.

Lantas bagaimana dengan Instagram? Apa saja batasan-batasan di Instagram atau limit di Instagram seperti like, komen, follow?

Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut batasan-batasan di Instagram yang harus diketahui para pengguna Instagram agar akunnya tidak kena blokir:

batasan di Instagram

Batasan Batasan di Instagram Terbaru


1. Usia pengguna Instagram


Ternyata Instagram melarang anak kecil untuk memiliki atau membuat akun Instagram. Minimal usia seseorang untuk memiliki akun Instagram adalah 13 tahun, jadi bila seseorang belum genap 13 tahun, maka Anda tidak dapat memiliki akun Instagram.

Bagaimana Instagram bisa mengetahui usia seseorang ketika membuat akun Instagram? Ternyata pada saat mendaftar akun Instagram, sekarang wajib memasukkan tahun lahir, bulan dan tanggal lahir.

Nah saat memasukkan tahun lahir, disini Instagram akan mengetahui umur seseorang, jadi bila usianya belum genap 13 tahun maka secara otomatis pihak Instagram langsung menolak akun tersebut.

Ingat jangan berbohong. Bila Anda belum genap 13 tahun sebaiknya jangan menggunakan Instagram terlebih dulu ya, tunggu saja sampai usianya pas 13 tahun baru nanti membuat akunnya kembali.

2. Nama pengguna


Instagram juga membatasi seberapa panjang username atau nama pengguna yang bisa dipilih. Maksimal nama pengguna atau username yang bisa dimasukkan adalah 30 karakter saja.

Tidak perlu memasukkan semua nama lengkap Anda, bila nama Anda terlalu panjang, Anda bisa mempersingkatnya saja.

3. Jumlah karakter di bio


Jumlah karakter atau kata yang bisa ditulis dibio adalah 150 karakter saja. Jadi agar semuanya muat, masukkan hal-hal yang penting saja. Anda bisa memasukkan kata-kata mutira, hobi, pekerjaan, pendidikan, alamat kontak, dan hal-hal lainnya.

4. Jumlah foto dalam satu postingan


Jumlah foto atau video dalam satu posting adalah maksimal 10. Lebih dari 10 Anda tidak dapat mempostingnya.

Anda dapat menggabungkan foto dan video dalam satu postingan. Jangan lupa untuk memilih multiple post agar Anda dapat menambahkan 10 foto atau video dalam satu postingan.

5. Jumlah karakter pada deskripsi postingan


Jumlah karakter pada caption postingan juga dibatasi, Anda hanya dapat menulis caption dengan maksimal panjang 2200 karakter saja.

Lantas bagaimana bila caption yang harus Anda tulis cukup panjang? Bila caption Anda cukup panjang, Anda dapat menulisnya sebagian pada kolom komentar.

Tidak perlu takut tidak dibaca oleh para followers Anda, nanti Anda bisa menulis "lanjut baca di kolom komentar" atau "bersambung dikolom komentar". Cara ini banyak dilakukan oleh akun-akun berita loh yang captionnya sangat panjang-panjang.

6. Jumlah hashtag dalam satu postingan


Selain jumlah karakter pada caption postingan, Instagram juga membatasi berapa banyak jumlah hashtag atau tagar yang bisa ditaruh pada sebuah postingan.

Jumlah maksimal hashtag atau tagar yang bisa ditaruh di caption postingan adalah maksimal 30 hashtag saja.

Nah jangan lupa untuk menghitung terlebih dahulu jumlah hashtag yang ingin Anda taruh di caption postingan nya ya.

7. Jumlah akun yang boleh ditandai di postingan


Selain itu, dalam sebuah postingan Anda hanya dapat menandai atau tag maksimal 20 akun saja. Lebih dari 20 akun, Anda tidak dapat melakukannya. Jadi jangan lupa menghitung sudah berapa banyak akun yang telah di tandai ya.

8. Jumlah akun yang bisa ditandai di Instagram story


Selain di postingan, Instagram juga membatasi berapa banyak akun yang bisa ditandai di Instagram story. Di Instagram story atau snapgram Anda hanya dapat menandai atau menyebut sebanyak maksimal 10 akun saja.

9. Maksimal followers


Untuk followers, atau orang yang mengikuti akun Instagram Anda, pihak Instagram tidak membatasinya.

Siapapun boleh mengikuti akun seseorang di Instagram dan tidak ada batasannya kecuali kalau akun tersebut di private, jadi tergantung sama pemilik akun tersebut ingin agar jumlah pengikutnya ada berapa banyak.

10. Maksimal following


Nah untuk following atau akun yang kita ikuti di Instagram, ternyata pihak Instagram membatasinya. Instagram hanya membolehkan kita mengikuti sebanyak 7500 akun saja.

11. Jumlah akun yang bisa ditambahkan dalam satu aplikasi


Kabar baik, bila dulu kita hanya dapat menambahkan maksimal 5 akun saja dalam satu aplikasi Instagram, namun sekarang Anda dapat menambahkan lebih dari 5 akun.

Sangat menarik bukan bila Anda memiliki banyak akun Instagram, jadi tidak perlu masuk dan keluar lagi bila ingin masuk ke akun lainnya.

12. Batasan mengikuti akun dalam sehari


Berapa batasan mengikuti akun lainnya dalam sehari belum diketahui jumlah pastinya. Sebaiknya dalam satu waktu jangan melebihi 160 akun yang di ikuti atau di follow, karena banyak kejadian akunnya kena sanksi tidak bisa mengikuti akun orang lagi dalam beberapa waktu.

Untuk akun baru, sebaiknya untuk tidak mengikuti lebih dari 30 akun dalam satu waktu atau melakukannya cukup cepat, Anda akan dianggap spam, lalu akun Anda akan diblokir bahkan bisa dinonaktifkan.

13. Batasan unfollow akun dalam sehari


Begitupun juga dengan berapa banyak akun yang bisa di unfollow dalam sehari. Sebaiknya dalam satu waktu cukup unfollow sebanyak 160 akun saja. Untuk akun baru cukup 30 akun saja. Nah setelah lewat 1 jam baru melakukannya kembali agar Anda tidak dianggap robot oleh Instagram.

14. Batasan like dalam sehari


Untuk jumlah like pada postingan di Instagram dalam sehari belum diketahui angka pastinya. Biasanya bila kita sudah terlalu banyak menyukai postingan orang di Instagram, maka akun Anda akan tidak bisa melakukan like lagi dalam beberapa waktu. Begitu pun dengan komentar di Instagram, bila Anda terlalu banyak menyukai komentar orang, maka akun Anda akan kena blokir juga.

15. Batasan komentar dalam sehari


Untuk komentar, belum diketahui juga angka pastinya berapa banyak jumlah komentar dalam sehari. Sebaiknya berkomentarlah sebanyak 150-200 komentar dalam sehari agar akun Instagram Anda tidak kena blokir lalu tidak bisa mengomentari atau membalas komentar lagi.

16. Durasi postingan video


Bila dulu sejak awal-awal kemunculan Instagram Anda hanya dapat mengupload video dengan durasi sampai 15 detik saja, namun sekarang Anda sudah dapat mengupload video dengan durasi maksimal 60 detik atau 1 menit. Bila ingin menguploadnya lebih dari satu menit, Anda bisa memilih postingan IGTV.

17. Durasi postingan IGTV


Begitupun dengan IGTV, sejak awal fitur ini muncul Anda hanya dapat mengupload video sekitar 10 menit saja, namun akhir-akhir ini IGTV sudah bisa upload video sampai dengan durasi 60 menit atau satu jam. Mungkin ingin menjaring pengguna Youtube, karena kabarnya para kreator IGTV bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang tampil di video nya.

Tips, bila Anda ingin mengupload video ke IGTV dengan file ukuran 600 MB keatas, sebaiknya upload lah lewat web browser yang ada di hp atau lewat PC, karena bila Anda mengupload nya lewat hp akan membuat video Anda tersebut rusak.

18. Durasi video siaran langsung


Untuk video siaran langsung sendiri atau live, durasinya sudah di perpanjang dari sebelumnya 1 jam menjadi 4 jam. Kabar gembira untuk Anda yang suka live lama-lama di Instagram, jadi tidak perlu berhenti terlebih dahulu setelah satu jam lalu lanjut live lagi.

Selain itu, sehabis live di Instagram Anda dapat memilih untuk mendownloadnya atau mengupload nya ke akun Instagram Anda sebagai video IGTV. Sangat menarik bukan?

19. Jumlah upload story dalam sehari


Ternyata Instagram juga membatasi berapa banyak Instagram story yang bisa Anda upload setiap harinya. Sehari Anda hanya dapat membuat maksimal sampai 100 story saja.

20. Batasan sorotan cerita Instagram


Sama juga dengan unggahan story setiap harinya, untuk satu sorotan yang Anda buat, Anda hanya dapat menambahkan maksimal sampai 100 cerita saja. Jadi bila sudah mencapai 100 cerita dalam sorotan atau highlight tersebut, Anda sudah tidak dapat menambahkannya lagi. Solusinya ya harus bikin sorotan cerita baru.

21. Batasan mengganti nama di Instagram


Untuk mengganti nama di Instagram, dalam waktu 14 hari Anda hanya dapat mengganti 2 kali nama, jadi bila ingin mengganti lagi berarti Anda harus menunggu sampai 14 hari terlebih dahulu.

22. Batasan mengganti username


Untuk batasan mengganti username pihak Instagram sebetulnya tidak membatasinya, namun bila Anda ingin menggunakan kembali nama pengguna sebelumnya berarti Anda harus menunggu 14 hari kedepan, dan itupun harus cepat-cepat Anda untuk mengambilnya kembali karena dapat di daftarkan oleh orang lain.

23. Batasan upload foto di Instagram


Sampai saat ini belum diketahui berapa batasan upload foto di Instagram dalam sehari. Sebaiknya dalam sehari upload lah maksimal 100 foto agar akun Instagram Anda tidak dianggap spam oleh Instagram.

24. Batasan upload video di Instagram


Begitupun dengan batasan upload video di Instagram, belum diketahui juga berapa batasan upload video nya. Namun sebaiknya agar tidak dianggap spam oleh Instagram upload lah sehari maksimal 100 video di Instagram.

Batasan dan limit diatas bisa berubah kapan pun


Batasan atau limit yang telah dijelaskan diatas dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi update terus aplikasi Instagram Anda agar dapat menggunakan fitur-fitur baru di Instagram termasuk batasan-batasan atau limit di Instagram.

Untuk akun baru di Instagram


Bagi Anda yang menggunakan akun baru di Instagram, Anda patut berhati-hati menggunakan Instagram, jangan terlalu banyak mengikuti akun orang apalagi yang tidak Anda kenal. Selain itu like dan komentari postingan orang lain sewajarnya saja.

Sanksi yang diberikan Instagram


Sanksi yang diberikan oleh Instagram ke akun Instagram Anda biasanya tidak bisa melakukan follow akun orang lagi dalam beberapa waktu, tidak bisa like, komen dan lain-lain.

Namun ada juga yang sampai akun Instagram nya di hapus karena melakukan kesalahan besar di Instagram. Jadi gunakanlah Instagram sewajarnya saja ya.

Kesimpulan


Instagram adalah media sosial berbagi foto yang bisa digunakan oleh siapa saja tanpa adanya larangan namun ada batasan atau syarat dan ketentuannya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Patuhilah semua peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak Instagram agar akun Instagram Anda tidak kenapa-kenapa.

Ingat, Anda akan kesulita mengembalikan akun Instagram yang telah dinonaktifkan atau di banned oleh pihak Instagram kecuali Anda seorang publik figur.

Lihat juga:
Cara agar tidak bisa dimention orang di Instagram
Cara memblokir akun seseorang agar tidak bisa berkomentar di Instagram

Nah itulah artikel singkat yang membahas tentang batasan-batasan di Instagram yang wajib Anda ketahui. Bagaimana apakah penjelasan diatas sudah dapat Anda pahami semua?

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Sekian, terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar