Sunday, November 8

Cara Mengatasi Copyright Di Instagram Dengan Gampang

Bagaimana cara mengatasi copyright di Instagram? Atau cara mengatasi video Anda diblokir oleh Instagram karena menggunakan lagu berhak cipta milik orang lain?

Instagram adalah media sosial yang cukup populer serta sangat banyak jumlah penggunanya ini ternyata dimiliki oleh raksasa internet yaitu Facebook.

Sama juga dengan kakaknya Facebook, di Instagram Anda tidak hanya bisa membagikan konten dalam bentuk foto saja, Anda juga dapat membagikan konten video di Instagram.

Bahkan Anda bisa juga mengupload video di Instagram dengan durasi lebih panjang mirip dengan Youtube, yaitu IGTV.

Nah ketika saat Anda sedang mengupload video ke Instagram, setelah video tersebut selesai Anda upload, tiba-tiba videonya hilang karena dihapus oleh pihak Instagram.

Masuk notifikasi yang mengatakan sebagai berikut: "Beberapa orang tidak bisa melihat video Anda karena video tersebut berisi konten milik orang lain. Ketuk untuk meninjau".

Lalu betapa terkejutnya lagi Anda ketika membukanya lalu mendapatkan notifikasi dari Instagram lagi "Video Blocked. Some people can't view your video because it may contain content owned by someone else. Tap to review".

Anda tidak perlu panik ketika mendapatkan pesan seperti diatas dan video Anda telah di blokir oleh pihak Instagram.

Video Anda diblokir oleh pihak Instagram karena telah menggunakan lagu milik orang lain tanpa adanya izin.

Memang tidak hanya di Instagram saja, di Facebook dan Youtube Anda akan kena masalah copyright juga bila menggunakan lagu milik orang lain, namun uniknya bila di Youtube video Anda tidak akan dihapus, akan tetapi video tersebut tidak dapat di monetize saja.

Lantas apa yang harus saya lakukan ketika video yang saya upload kena copyright?

Bila Anda sangat ingin menggunakan lagu tersebut dalam video itu dan Anda tidak ingin menghapusnya dengan berbagai alasan, Anda bisa mengajukan banding dengan sangat gampang langsung diterima.

Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara mengatasi masalah copyright di Instagram dengan mudah:

Cara Mengatasi Copyright Di Instagram

Cara Mengatasi Copyright Di Instagram


1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka notifikasi masalah copyright dari Instagram tersebut.


2. Klik pada notifikasi nya seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


3. Video Anda yang menggunakan lagi milik orang lain tersebut diblokir di negara-negara seperti yang tampak di pesan pemberitahuan tersebut. Silahkan geser sampai kebawah untuk melihat tombol banding nya.


4. Anda dapat menghapus video tersebut atau mengajukan banding. Klik pada "Banding" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini agar video Anda dapat dibuka pemblokirannya.


5. Klik conteng pada "Saya setuju". Pada "Tanda Tangan Elektronik" silahkan masukkan username akun Instagram Anda, lalu klik pada tombol "Banding".


"Dispute Accepted, Your video has been restored", artinya "Sengketa Diterima, Video Anda telah dipulihkan". Tidak perlu menunggu cukup lama, hanya beberapa menit saja video Anda tersebut langsung di upload kembali oleh pihak Instagram. Klik untuk melihat video tersebut.


Selamat Anda telah berhasil mengatasi masalah copyright di Instagram. Video yang telah diblokir oleh pihak Instagram tersebut telah dikembalikan dan sudah dapat di tonton oleh para followers Anda dengan lagu tersebut.


Bagaimana ternyata sangat mudah bukan cara mengatasi masalah video copyright di Instagram. Apakah Anda sudah berhasil mengajukan banding nya?

Minta izin sama pemilik lagu


Ingat ajukan banding bila Anda telah memiliki izin untuk menggunakan lagu tersebut pada videonya, seperti Anda sudah meminta izin sama pemilik lagu tersebut, serta pemilik lagu tersebut telah mengizinkannya.

Hukuman copyright Instagram


Apa bahaya copyright Instagram atau hukuman dari Instagram bila Anda tetap menggunakan lagu tersebut dengan cara mengajukan banding dan diterima? Memang tidak ada sanksi dari pihak Instagram, bukitnya akun Anda aman-aman saja.

Namun bahayanya ketika pemilik lagu tersebut tau bahwa Anda menggunakan lagu nya tanpa meminta izin terlebih dahulu, pemilik lagu tersebut bisa saja melaporkan akun Anda ke pihak Instagram. Video tersebut bisa dihapus kembali atau bahkan akun Instagram Anda dinonaktifkan.

Selain itu pemilik lagu tersebut bila tidak suka bisa juga menuntut Anda. Sangat ngeri bukan? Apalagi Anda menggunakan lagu tersebut pada video komersial Anda. Sudah pasti pemilik lagu tersebut sangat marah.

Supaya tidak kena copyright di Instagram


Lantas bagaimana caranya agar tidak kena copyright di Instagram? Cara agar tidak kena copyright di Instagram sangat mudah, Anda cukup untuk tidak menggunakan lagu milik orang lain di video yang Anda upload.

Anda bisa menggunakan lagu milik Anda sendiri, atau mencari lagu yang bisa digunakan dengan bebas, alias lagu not copyright. Biasanya lagu tersebut banyak digunakan oleh content creator dan para Youtuber.

Lagu free license Instagram


Cara mendapatkan lagu yang bebas di gunakan tanpa adanya masalah copyright lagi di Instagram cukup gampang, Anda cukup mencarinya di Google dengan keyword "not copyrighted music", "no copyright song", "free copyright music" dan lain-lain.

Jadi tidak ada tips upload video Instagram memakai lagu orang. Anda harus menggunakan lagu tidak ada hak cipta agar tidak kena blokir oleh Instagram lagi.

Memberikan kredit sumber lagu


Apakah dengan memberikan kredit pemilik lagu tersebut sudah aman? Tidak, video Anda juga akan tetap dihapus oleh pihak Instagram. Pemilik lagu juga tidak menyukainnya, kecuali Anda memiliki izin dari pemilik lagu.

Kesimpulan


Ingat hargailah hak cipta orang lain. Jangan sembarangan menggunakan karya milik orang lain tanpa seizin pemiliknya. Apalagi Anda menggunakannya untuk tujuan komersial, alias mencari duit di Instagram lewat video tersebut. Kalau untuk tujuan hiburan saja sepertinya aman saja dan tidak masalah.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas cara mengatasi masalah copyright di Instagram dengan gampang. Bagaimana apakah Anda sudah bisa mengatasi masalah copyright tersebut?

Bila adalah masalah dan hal lainnya yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar