Tuesday, January 12

10 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memua Lokasi

Bagaimana cara mengatasi Instagram tidak dapat memuat lokasi? Apakah Anda tidak dapat membuat nama lokasi pada postingan atau pun di Instagram story? Bila iya yuk simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui caranya.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang sangat banyak jumlah penggunanya. Hampir semua golongan manusia di bumi ini memiliki akun Instagram, mulai dari anak remaja, orang dewasa bahkan orang tua pun juga membuat akun Instagram.

Sama hanya dengan media sosial lainnya, di Instagram Anda juga dapat membuat postingan, update story, mencari teman dan saling mengikuti, chatting, video call, live serta aktivitas menarik lainnya.

Selain itu di Instagram Anda juga dapat menaruh nama lokasi tempat dimana foto dan video tersebut diambil, baik di postingan Anda maupun di story yang Anda buat.

Menaruh nama lokasi pada postingan Instagram atau story akan membuat para followers tidak akan bertanya lagi dimana tempat Anda ambil foto tersebut. Selain itu, postingan Anda bisa muncul di search Instagram ketika ada yang mencari lokasi tersebut.

Namun ketika Anda sedang mencari nama lokasi yang ingin Anda taruh tiba-tiba lokasi tersebut tidak dapat ditampilkan atau ditemukan, muncul pesan kesalahan "Instagram tidak dapat memuat lokasi".

Apakah Anda sering mengalami hal demikian? Yaitu Instagram yang tidak bisa memuat lokasi? Pasti hal ini bikin Anda kesal dan sedih karena tidak dapat menaruh nama lokasi tersebut.

Tapi Anda tidak perlu kuatir, ternyata masalah tidak dapat memuat lokasi di Instagram ini bisa diatasi lewat beberapa trik dan cara dibawah ini.

Lantas bagaimana cara mengatasi Instagram tidak bisa memuat lokasi?

Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara mengatasi Instagram yang tidak dapat memuat lokasi dengan cukup mudah:

Cara mengatasi Instagram tidak dapat memuat lokasi

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memua Lokasi


1. Periksa Koneksi Internet


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah Instagram tidak dapat memuat lokasi adalah memeriksa terlebih dahulu koneksi internet Anda. Silahkan cek koneksi internet Anda mungkin sinyal nya sedang lemah. Koneksi internet yang tidak stabil akan membuat Anda kesulitan menaruh nama lokasi.

2. Aktifkan lokasi atau GPS pada HP


Bila koneksi internet Anda stabil, langkah selanjutnya adalah cek apakah Anda mengaktifkan lokasi pada hp atau tidak. Bila belum diaktifkan Anda bisa mengaktifkannya. Lokasi atau GPS di hp bila tidak diaktifkan akan menyebabkan Anda kesulitan menaruh nama lokasi di Instagram.


3. Berikan Izin Aplikasi


Setelah GPS atau lokasi telah Anda aktifkan di hp, Anda juga harus cek apakah aplikasi Instagram yang terinstall di hp Anda telah mendapatkan izin untuk mengakses lokasi. Cara cek nya cukup mudah. Silahkan buka menu pengaturan pada hp Android Anda atau pun iPhone Anda. Selanjutnya klik "Aplikasi".


Lalu cari "Instagram" dan buka.


Klik pada "Izin" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Lalu klik "Lokasi".


Klik izinkan aplikasi Instagram untuk mengakses lokasi pada hp Anda.


Cara diatas mungkin agak berbeda pada hp Anda. Silahkan sesuaikan saja dengan merek dan tipe hp Anda.

4. Bersihkan Cache


Cara membersihkan cache pada aplikasi Instagram cukup mudah untuk dilakukan. Carannya seperti cara mengizinkan aplikasi diatas. Silahkan buka menu pengaturan pada hp Anda, lalu pilih menu aplikasi dan cari aplikasi Instagram. Selanjutnya klik pada penyimpanan dan klik "Hapus Memori" atau "Hapus Cache" untuk langsung membersihkan cache atau file sampah pada aplikasi Instagram Anda.


5. Hapus Data Instagram


Setelah membersihkan file cache, bila Anda masih belum bisa menambahkan lokasi, langkah selanjutnya yitu menghapus data Instagram. Caranya seperti cara membersihkan file cache diatas. Silahkan buka menu pengaturan di hp Anda, lalu klik aplikasi dan cari aplikasi Instagram. Selanjutnya klik pada penyimpanan dan pilih "Hapus Data". Namun sebelum Anda klik hapus data, pastikan Anda tidak lupa dengan informasi login akun Instagram Anda karena nanti akan disuruh isi kembali.


6. Update aplikasi Instagram


Bila kelima cara diatas sudah Anda lakukan semua akan tetapi Anda masih belum dapat mengatasi masalah tidak dapat memuat lokasi, silahkan cek aplikasi Instagram Anda mungkin memerlukan update. Buka Google Play Store atau Apple Apps Store bagi pengguna iPhone. Lakukan update aplikasi Instagram tersebut bila diminta.


7. Hapus dan pasang kembali Instagram


Selain mengupdate aplikasi Instagram, Anda juga dapat menghapus dan memasang kembali aplikasi Instagram. Namun sebelum mencoba cara ini pastikan Anda tidak lupa informasi login akun Instagram Anda karena nanti akan diminta masukkan kembali.


8. Tutup semua aplikasi yang hidup dilatar


Setelah semua cara diatas Anda coba, Anda bisa menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dilatar termasuk aplikasi Instagram. Silahkan tekan tombol recent apps di hp Anda, lalu klik "Tutup semua" untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dilatar hp Anda.


9. Perawatan perangkat


Apakah di hp Anda ada fitur perawatan perangkat? Bila ada silahkan buka fitur tersebut dan bila terdapat banyak masalah langsung saja klik perbaiki untuk memperbaiki masalah tersebut. Bila di hp Anda tidak ada fitur ini, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu CCleaner, ClearMaster, dan lain sebagainya.


10. Restart HP


Langkah yang terakhir yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tidak dapat memuat lokasi pada Instagram adalah merestart hp Anda. Silahkan restart hp Anda.


Itulah cara mengatasi Instagram tidak dapat memuat lokasi. Semoga setelah Anda mencoba semua cara diatas Anda dapat mengatasi masalah lokasi yang tidak dapat dimuat tersebut.

Kesimpulan


Menaruh nama lokasi pada setiap postingan yang Anda upload ke Instagram atau pun di ig story ternyata dapat memudahkan para followers Anda untuk mengetahui dimana tempat Anda membuat postingan tersebut. Selain itu postingan Anda juda dapat tampil di search Instagram bila ada yang mencari nama lokasi tersebut.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara mengatasi Instagram tidak dapat memuat lokasi. Bagaimana apakah Anda sudah dapat mengatasi masalah Instagram yang tidak dapat memuat lokasi tersebut?

Bila ada kendala atau hal lainnya langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar