Wednesday, August 19

21 Cara Berjualan Di Instagram Bagi Pemula Agar Laris

Sudah tau belum bagaimana cara berjualan di Instagram bagi pemula agar cepat laku dan laris manis produknya? Bila Anda ingin mencari peruntungan juga di Instagram, Anda beruntung menemukan artikel ini yaitu cara jualan di ig biar sukses. Yuk simak artikel ini sampai usai.

Sekarang ini media sosial seperti Instagram tidak hanya digunakan sebagai ajang narsis, pamer, curhat, dan berteman saja, namun media sosial berbagi foto ini telah lama dimanfaatkan oleh mereka yang berjualan secara online.

Instagram bisa digunakan untuk mempromosikan usaha Anda, atau bahkan Anda bisa membuat toko online di Instagram, jadi tidak perlu lagi membuat website toko online. Sangat menarik bukan?

Namun berjualan di Instagram tidak semudah membalikkan telapak tangan, memang kelihatannya sangat mudah, tapi banyak juga yang mengeluh sepi pembeli dan kesulitan menjual produk nya di Instagram.

Untuk berjualan di Instagram agar laris manis apalagi Anda yang masih sangat pemula maka dibutuhkan trik dan metode khusus agar jasa atau produk yang Anda juga bisa dilihat orang banyak.

Ingat loh, sekarang ini ada sekitar 1 miliar pengguna aktif Instagram di dunia dengan berbagai latar dan usia, jadi jangan sia-siakan aplikasi berbagi foto ini. Jangan hanya digunakan untuk upload foto pribadi Anda saja.

Lantas bagaimana cara berjualan di Instagram bagi pemula agar banyak pembeli nya? Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama, ini cara berjualan di Instagram tanpa modal dan untung banyak:

Cara berjualan di Instagram agar cepat laku

Cara Berjualan di Instagram Bagi Pemula Agar Cepat Laku


1. Buat Akun Khusus


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk berjualan di Instagram adalah membuat akun khusus berjualan. Jadi pisahkan antara akun pribadi dengan akun jualan Anda di Internet.

Nah di akun khusus berjualan tersebut jangan pernah memposting baik di feed atau pun di story tentang kehidupan Anda, posting lah semua yang berkaitan dengan jualan Anda.

Ubah juga akun biasa ke akun bisnis. Karena dengan beralih ke profil bisnis, Anda dapat mencoba fitur insight yang sangat bermanfaat untuk bisnis Anda.

2. Perhatikan Nama Pengguna



Nama pengguna juga harus Anda perhatikan, pilih lah nama pengguna sekitar dua kata yang mudah diingat orang dan unik.

Nama pengguna yang bagus itu yang berhubungan dengan barang yang Anda jual. Bila Anda menjual sepatu, cari lah nama penggunanya yang ada kata sepatu, misal "sepatumurah", "rajasepatu", "sepaturakyat", dan lain-lain.

Bila nama pengguna yang bagus-bagus tidak tersedia lagi, Anda bisa menambahkan kata-kata lainnya yang unik dan lucu, misal "pusatnyasepatumurah", "sepatu.murah", "rajasepatu_", "sepatumurah99", dan lain sebagainya.

3. Foto Profil


Pada bagian foto profil usahakan untuk menaruh logo atau banned nama usaha Anda yang jelas terlihat dan tidak pecah gambarnya. Anda bisa juga untuk menaruh foto produk yang Anda jual.

Jangan pernah menaruh foto diri Anda karena itu akun khusus berjualan buka akun pribadi Anda.

4. Informasi Pada Bio



Jangan biarkan informasi pada bio akun Instagram jualan Anda kosong, taruh lah pada bio informasi tentang toko online Anda, misal motto visi misi toko online Anda, informasi kontak, cara order dan informasi yang dirasa penting lainnya.

5. Tambahkan Link WhatsApp


Agar para calon pembeli Anda tidak bertanya-tanya di kolom komentar atau di DM bagaimana cara order dan lain-lain, jangan lupa untuk menaruh link WhatsApp yang bisa langsung terhubung ke pesan chatting Anda di bio.

Untuk caranya bisa dilihat pada artikel cara membuat dan memasukkan link WhatsApp di bio Instagram.

Anda juga bisa menaruh linktree di bio Instagram agar bisa menaruh banyak link lagi. Lihat juga cara membuat linktree di bio Instagram.

6. Upload Foto yang Bagus



Jangan sembarangan mengupload foto di Instagram, Anda harus memperhatikan kualitas foto yang Anda upload, komposisi foto, cahaya, dan lain-lain karena foto yang jelek bisa menyebabkan produk Anda kurang menarik dan bisa mempengaruhi ke penjualan Anda.

Tidak perlu kamera yang bagus, Anda bisa memanfaatkan kamera hp Anda untuk memotret produk Anda. Lihat trik fotografi keren dengan kamera hp.

7. Tambahkan Hashtag



Caption bagus saja tidaklah cukup, agar produk yang Anda jual dapat dicari orang, maka Anda wajib menaruh hashtag atau tagar di setiap postingan yang Anda upload.

Taruh lah hashtag yang berkaitan dengan produk yang Anda jual, bila Anda menjual hijab maka taruhlah hashtag #hijab #hijabstyle #hijabfashion #hijabers #jilbab #gamis #hijabsyari #muslimah #fashion #hijabmurah #khimar #gamissyari #ootd #like #kerudung #islam #muslim #dress #hijaber #hijabi #gamismurah #jilbabmurah #ootdhijab #hijabinstan #syari #khimarsyari #hijabootd #tunik #jilbabsyari #bhfyp.

Untuk lebih lengkapnya tentang hashtag produk-produk lain dan bagaimana cara mencari hashtag yang berkaitan dengan produk tertentu, Anda bisa melihatnya pada artikel kumpulan hashtag Instagram untuk berjualan dan cara riset hashtag.

8. Tambahkan Lokasi



Sama seperti hashtag, lokasi juga wajib Anda taruh pada postingan Anda. Menaruh nama lokasi akan memudahkan produk Anda di cari oleh orang dengan mengetik nama lokasi tersebut.

Bisa saja nanti postingan Anda berada paling atas untuk nama lokasi tertentu, sudah pasti akun Instagram jualan Anda kebanjiran pengunjung, dan produk Anda akan laris manis.

9. Mention Banyak Akun



Kasih tau orang-orang atau teman Anda bahwa Anda baru saja mengupload foto produk terbaru dengan cara memention mereka.

Bisa saja mereka tertarik dengan produk yang Anda jual dan berminat membelinya.

10. Jadwal Upload


Jangan sampai Anda salah jadwal mengupload, seperti mengupload pada jam orang lagi tidur dan saat orang lagi sibuk bekerja.

Agar postingan Anda bisa dilihat oleh banyak orang, maka upload lah pada jam-jam orang sedang istirahat dan asyik bermain dengan hp.

Anda bisa mengupload produk Anda saat mereka sedang beristirahat, setelah habis makan siang atau makan malam, dan malam hari sebelum mereka tidur.

11. Share ke Story


Setelah selesai mengupload, jangan lupa untuk membagikan ke Instagram story postingan terbaru Anda tersebut, karena tidak semua followers Anda bisa melihat postingan tersebut di beranda mereka.

Taruh juga beberapa hashtag, nama lokasi, dan mention juga beberapa akun teman Anda karena siapa tau mereka mau menambahkan juga ke story nya mention dari Anda tersebut.

Menambahkan hashtag atau nama lokasi akan membuat story Anda dilihat oleh mereka yang tidak mengikuti akun jualan Anda.

12. Share ke Banyak Sosial Media


Bagikan juga ke banyak media sosial lainnya, seperti ke Twitter dan ke Facebook. Mungkin siapa tau teman-teman Anda di Facebook atau Twitter berminat dengan produk yang Anda tawarkan namun mereka tidak sedang membuka aplikasi Instagram.

13. Minta Bantuan Teman Buat Promosi


Mintalah bantuan sama teman-teman dekat Anda untuk mempromosikan produk Anda. Mereka bisa mempromosikan produk Anda lewat Instagram story mereka dan memention akun jualan Anda.

14. Rutin dan Disiplin


Mengupload foto produk yang bagus saja tidak lah cukup, Anda harus rutin dan disiplin. Anda bisa mengatur jadwal kapan Anda menguploadnya, misal setiap hari senin upload satu foto produk, sabtu dan minggu satu foto produk, atau bahkan tiap hari satu produk bila Anda mampu.

Ingat jangan terlalu banyak mengupload foto dalam satu waktu, misal selang beberapa detik Anda langsung mengupload lagi, itu pasti membuat para followers Anda kesal karena di beranda mereka penuh dengan postingan jualan Anda. Bisa saja mereka tidak suka dan unfollow akun jualan Anda.

Anda harus mengatur jadwal upload harian Anda, misal dalam satu jam 1 foto, atau pagi satu foto produk, siang satu foto produk, sore satu foto produk, dan malam satu foto produk.

15. Aktif Berinteraksi


Bila Anda ingin sukses berjualan online di Instagram, maka kunci utamanya adalah tidak sombong dan rendah hati. Anda harus menjalin hubungan dengan pelanggan Anda.

Bila ada yang bertanya di kolom komentar atau di pesan DM, maka jawablah dengan jujur dan rendah hati. Ingat jangan sombong dan egois, seorang pedagang itu harus ramah dan siap mengalah apalagi menghadapi calon pembeli yang sedikit rewel dan marah-marah. Kalau bisa hangatkanlah suasana tersebut.

16. Cari Followers Tertarget


Bila Anda berjualan jilbab, maka Anda harus mencari followers wanita yang menggunakan jilbab. Cara mencari followers tertarget sangatlah gampang, silahkan cari akun-akun online shop besar di Instagram yang khusus menjual jilbab, follow semua followers akun tersebut.

Anda juga dapat berinteraksi pada postingan di akun tersebut seperti menyukai komentar-komentar mereka dan bisa juga menjawab komentar-komentar pertanyaan mereka di akun tersebut yang tidak ada jawaban.

Kalau bisa beri komentar yang kocak, lucu, cemerlang, dan sealami mungkin untuk tidak menunjukkan Anda sedang mempromosikan produk Anda.

Dengan begitu mereka akan penasaran dengan akun Anda dan akan berkunjung ke akun jualan Anda. Ingat semakin banyak orang yang membuka akun Instagram Anda makan kemungkinan produk Anda untuk dibeli orang sangatlah besar.

17. Endorse


Bila Anda cukup uang, Anda bisa endorse di Instagram. Tidak perlu mengendorse para selebgram atau artis yang cukup terkenal karena bayarannya cukup mahal, cari lah para selebgram yang baru naik daun dan followers nya tidak begitu banyak karena harganya bisa sangat murah.

Selain di Instagram, Anda juga dapat memasang iklan atau endorse di artis Youtube atau Youtuber. Cari lah Youtuber yang tidak terlalu terkenal namun konten nya bagus. Karena kedepan pasti Youtuber tersebut akan sukses dan video yang ada iklan Anda akan terus bertambah view nya.

18. Pasang Iklan di Instagram


Anda juga bisa memasang iklan di Instagram. Namun jangan lupa untuk merubah terlebih dahulu dari akun pribadi ke akun bisnis.

Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan biaya yang paling rendah, bila terdapat penjualan Anda bisa menaikkan anggaran iklan Anda agar bisa menjangkau lebih banyak orang lagi.

19. Beri Diskon



Orang Indonesia itu sangat suka barang diskon, jadi jangan lupa untuk memberikan diskon pada produk Anda.

Jangan lupa juga untuk menaruh harga lama produk tersebut dan coret lah harga lama tersebut agar terlihat lebih menarik calon pembeli.

20. Minta Testimoni ke Pelanggan dan Upload


Mintalah testimoni ke pelanggan Anda yang telah membeli produk Anda. Anda bisa mengambil screenshot bukti chatting Anda dengan pelanggan Anda lalu menguppload nya.

Upload lah sebanyak mungkin testimoni dari pelanggan Anda, dengan begitu toko online Anda terlihat lebih menyakinkan, tidak menipu, dan tepercaya.

21. Bikin Give Away



Sekali-kali Anda bisa membuat give away atau memberikan hadiah ke pelanggan Anda atau ke siapapun.

Kasih lah hadiah yang mampu Anda berikan dan tidak perlu yang mahal-mahal. Nanti caranya Anda bisa meminta para followers Anda atau siapapun yang ingin mengikuti give away caranya cukup tulis pada kolom komentar "Mau. Yuk ikutan..." dengan memention teman mereka 5 orang. Atau kalimat lainnya yang Anda sukai.

Untuk pemenang nya Anda bisa memilih nya secara acak, dan jangan lupa untuk mempublikasikan siapa pemenang nya agar toko online Anda tidak di cap jelek.

Sedikit Fakta Tentang Pengguna Instagram di Indonesia


  • Indonesia adalah negara kedua di Asia dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak dan posisi ke empat di dunia dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia.
  • Setiap tahunnya jumlah pengguna Instagram di Indonesia mengalami pertumbuhan dua kali lipat dengan kebanyakan berada pada usia 18-35 tahun.
  • 60% lebih pengguna Instagram di Indonesia berjenis kelamin perempuan, jadi sangat besar peluang produk Anda laku bila berjualan produk wanita.
  • 21% pengguna Instagram di Indonesia rata-rata setiap harinya mengupload sebanyak 1-2 foto.
  • 71% pengguna Instagram di Indonesia selalu mengecek akun Instagram miliknya paling sedikit sejam satu kali.
  • 7% pengguna Instagram di Indonesia lebih banyak memposting foto tentang makanan atau foto kuliner, baik di story maupun di feed mereka.
  • 45% pengguna Instagram di Indonesia pasti akan membeli barang-barang yang mereka lihat bila menarik. Jadi jangan tunda lagi untuk berjualan di Instagram.

Kesimpulan


Lakukan tips dan cara berjualan di Instagram diatas agar produk dan jasa yang Anda tawarkan bisa laris dan laku. Karena bila Anda tidak memperhatikan hal-hal diatas, Anda akan sulit bersaing dengan ribuan bahkan ratusan ribu akun toko online di Instagram yang terus bermunculan tiap menit nya.

Maka dari itu mulai dari sekarang buatlah akun toko online di Instagram dengan memperhatikan trik dan cara-cara diatas agar toko online Anda kebanjiran pengunjung serta produk-produk yang Anda tawarkan laku.

Lihat juga:
Cara mengembalikan foto yang sudah di hapus di Instagram
Cara menghemat kuota Instagram terbukti ampuh

Demikian artikel lengkap yang membahas cara berjualan di Instagram bagi pemula agar laris dan tentunya gratis. Semoga Anda bisa sukses jualan di Instagram dan produk yang Anda jual laku banyak.

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah. Sekian dan semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Artikel lainnya:
Cara menyematkan komentar di postingan Instagram
Cara melaporkan akun Instagram penipu agar di tindak
Cara menambahkan lokasi di bio Instagram
Cara mengamankan akun Instagram agar tidak di hack

Load comments