Tuesday, September 10

Cara Membuat Akun Gmail Baru Di HP

Bagaimana cara membuat akun Gmail atau akun Google baru lewat hp? Bila Anda masih bingung ingin membuat email dari Gmail dan masih belum tau caranya, maka dibawah ini akan dijelaskan dengan detail dan lengkap dengan gambarnya.

Memiliki alamat email memang sudah menjadi keharusan di zaman serba digital seperti sekarang ini. Apalagi bila Anda ingin memiliki sebuah hp Android atau pun iPhone, maka Anda tidak bisa menikmati semua fitur yang ada di hp Anda tersebut bila tidak login dengan email.

Maka dari itu, setiap kali menghidupkan hp baru kita disuruh untuk login terlebih dahulu dengan sebuah alamat email. Namun umumnya saat kita membeli hp baru, kita tak perlu pusing memikirkan email tersebut karena bisa dibantu buat akun email tersebut oleh pihak toko ponsel.

Tapi Anda tidak mungkin meminta bantuan sama orang lain melulu, Anda harus bisa membuat email sendiri. Karena untuk membuat email di Gmail cukup mudah. Cukup luangkan waktu Anda 5 menit saja untuk membuat sebuah email dari Google mail.

Kenapa harus Gmail? Gmail adalah penyedia email yang dimiliki oleh perusahaan raksasa internet Google yang jumlah penggunanya terbanyak di dunia serta sudah tentu sangat aman. Jadi tidak perlu kuatir email Anda bisa di bobol orang jahat.

Sebelum lanjut membahas cara membuat akun Gmail, Anda patut tau terlebih dahulu apa saja manfaat menggunakan akun Gmail atau akun Google mail.

Manfaat menggunakan Gmail

  1. Terhubung ke akun Google lainnya. Cukup dengan satu email dari Gmail, Anda bisa login ke banyak akun Google lainnya, seperti Google Maps, Youtube, Membuat Channel Youtube, Google Drive, Kalender, Google Foto, Google Terjemahan, Google News, Play Store, bisa membuat blog di Blogger, dan puluhan layanan Google lainnya.
  2. Tampilan bagground dan layout nya bisa Anda ubah sesuka hati.
  3. Bisa memilih tampilan sederhana yang mempercepat loading.
  4. Saat Anda sedang membuka Gmail, bila ada kotak masuk akan langsung muncul tanpa harus me-refresh halaman web.
  5. Ukuran file yang bisa dikirim cukup besar, yaitu 25 MB.
  6. Tidak perlu takut masuk email spam, karena Gmail dapat menyaring pesan masuk spam agar tidak masuk ke kotak masuk utama dan akan dimasukkan ke folder spam.
Nah ternyata banyak sekali manfaat menggunakan penyedia email dari Google ini. Lantas bagaimana cara membuat akun Gmail baru lewat hp Android maupun iPhone? Tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, langsung saja, berikut cara membuat email Gmail baru di hp dengan mudah dan gampang:

Cara Membuat Akun Gmail Baru Di HP

Cara Membuat Akun Gmail Baru Di HP


1. Langkah yang pertama yang harus Anda lakukan untuk cara membuat akun Google ini adalah membuka web browser yang ada di hp Anda, baik itu Google Chrome, Opera, Firefox, UC Web Browser, dan lain-lain. Selanjutnya silahkan buka accounts.google.com/signup. Anda juga bisa membuat akun Gmail lewat aplikasi Gmail yang ada di hp Android atau pun iPhone.

Masukkan nama depan dan nama belakang akun Google Anda, disertai nama pengguna. Nama pengguna disini maksudnya adalah alamat email yang bakalan Anda buat sekarang. Bila tidak tersedia Anda bisa mengkombinasikan antara angka dan huruf, atau bisa juga memilih nama pengguna yang disarankan dibawah nya bila Anda sukai.


2. Setelah Anda mendapatkan nama pengguna yang bagus, silahkan masukkan sandi, terus ketik ulang sandi tersebut sekali lagi. Buat lah kata sandi yang unik, tidak mudah ditebak orang dengan kombinasi antara angka dan huruf. Jangan lupa untuk mengingat kata sandi tersebut, catatlah bila perlu dan taruh ditempat yang aman karena siapa tau Anda lupa dan sangat perlu dikemudian hari. Bila sudah klik "Berikutnya".


3. Agar akun Gmail Anda lebih aman dan sulit untuk di bobol orang jahat, silahkan masukkan nomor telepon Anda, dan alamat email pemulihan bila ada. Nomor telepon dan alamat email pemulihan akan diperlukan untuk mereset kata sandi email Anda bila Anda lupa kata sandi nya atau tidak bisa login ke akun Google Anda. Jadi lebih baik masukkan saja. Jangan lupa juga tanggal lahir Anda dan jenis kelamin Anda.




Bila sudah memasukkan semua silahkan klik "Berikutnya".


4. Pada bagian verifikasi nomor telepon, klik "Kirim" dan Google akan mengirim kode verifikasi 6 digit ke nomor hp yang Anda masukkan diatas. Jadi pastikan nomor hp yang Anda masukkan benar dan tidak salah.


5. Silahkan buka kotak masuk pesan di HP Anda untuk melihat kode verifikasi 6 digit yang dikirim oleh Google. Masukkan dalam kotak yang disediakan. Kemudian klik "Verifikasi".


6. Pada bagian optimalkan penggunaan nomor telepon Anda ini, Anda bisa klik "Lewati" atau "Ya, saya ikuti".


7. Silahkan baca "Privasi dan Persyaratan".


8. Klik "Saya setuju" bila Anda sudah membacanya semua.


9. Selamat Anda sudah berhasil membuat akun Gmail baru dan alamat email Anda tersebut sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Disini banyak hal yang bisa Anda lakukan dan edit lagi, seperti mengganti foto profil akun Google (Gmail), mengedit nama, tanggal lahir, info kotak, melakukan verifikasi dua langkah, mengganti kata sandi, dan lain-lain.


Cara mengirim email di Gmail


Cara membuat dan mengirim email di Gmail cukup mudah, akun Gmail yang barusan Anda buat tadi sudah bisa digunakan untuk hal apa saja, seperti mendaftar akun Instagram dan Facebook, mendaftar di situs apa saja, dan mengirim email kepada orang lain atau kemana saja.

Silahkan buka aplikasi Gmail yang ada di hp Android atau iPhone Anda, login dengan menggunakan alamat email dan sandi akun Gmail yang barusan Anda buat tadi. Atau Anda bisa juga login ke Gmail dengan menggunakan web browser yang ada di hp Anda di alamat mail.google.com atau lewat pc juga bisa.

Berikut tampilan Gmail yang barusan Anda buka lewat HP. Terdapat sebuah pesan masuk dari Google yang memberitahukan bahwa Anda telah berhasil membuat akun Gmail di Google. Klik icon "+" paling bawah kanan tersebut untuk membuat atau mengirim email.


Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Keterangan gambar:

1. Untuk melampirkan file. Anda bisa melampirkan apa saja, baik itu foto, mp3, mp4, dokumen, dan lain-lain.
2. Tombol kirim. Klik icon ini bila email Anda sudah siap untuk dikirim ke alamat tujuan.
3. Dari. Berarti dari alamat email Anda sendiri.
4. Kepada. Masukkan alamat email tujuan yang mau dikirim email nya.
5. Subjek. Judul pesan yang ingin dikirim.
6. Tulis pesan. Silahkan tulis isi pesan Anda disini.

Bagaimana ternyata sangat simpel dan tidak membingungkan bukan untuk mengirim sebuah email di Gmail? Tampilan yang sederhana akan membuat Anda nyaman dalam mengirim email tanpa adanya fitur-fitur yang tidak perlu lainnya.

Seperti yang dijelaskan diatas. Anda harus ingat sandi akun Gmail Anda ini, kalau perlu catat dan taruh ditempat yang aman. Karena email ini sangat penting apalagi Anda gunakan untuk membuat akun sosial media Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Bila akun sosial media Anda tidak bisa login lagi karena lupa kata sandi, maka Anda bisa mereset kata sandi nya ke alamat email ini. Kalau alamat email Anda ini tidak bisa login lagi karena lupa kata sandi, maka akun sosial media Anda tersebut akan sulit di pulihkan lagi.

Masukkan juga nomor hp Anda agar akun Gmail Anda ini aman dan tidak bisa di bobok oleh orang lain. Memasukkan nomor hp juga bisa membantu Anda mengatasi bila tidak bisa login ke akun Gmail Anda ini.

Demikian artikel lengkap yang membahas cara membuat akun email dari Google mail ini. Bagaimana apakah Anda sudah bisa membuat email sendiri? Bila ada kendala jangan lupa untuk bertanya di kolom komentar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar