Wednesday, November 11

Panduan Cara Membuat Instagram Story Lengkap

Bagaimana cara membuat Instagram story atau cara menggunakan Instagram story? Bila Anda pengguna baru di Instagram dan masih bingung dengan fitur Instagram story ini, maka dibawah ini akan dijelaskan dengan lengkap panduan caranya, lengkap dengan gambar.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang sangat populer dan memiliki cukup banyak jumlah penggunanya, baik di dunia maupun di Indonesia sendiri.

Di Instagram banyak hal yang bisa dilakukan. Layaknya sebuah media sosial, Anda bisa membagikan foto, video, saling chatting dengan sesama pengguna, saling mengikuti dan masih banyak hal-hal menarik lainnya.

Selain itu di Instagram ada satu fitur yang sangat menarik dan merupakan fitur andalan di aplikasi Instagram yaitu Instagram stories. Banyak juga yang menyebutnya story, Instastory, snapgram atau IS.

Apa itu Instagram story?


Fitur cerita Instagram atau Instagram story pertama kali hadir pada tahun 2016, dan sampai sekarang ini jumlah penggunanya terus bertambah banyak.

Bagi sebagian pengguna Instagram, story ini bikin candu mereka. Mereka bisa tiap hari bikin ig story, bahkan konten yang dibuat di story pun cukup menarik atau niat banget padahal akan hilang.

Nah bagi yang belum tau, Instagram story adalah cerita di Instagram yang setelah di unggah bakalan menghilang setelah 24 jam. Hal ini tentunya berbeda dengan konten yang Anda upload ke ig feed yang akan muncul terus menerus kecuali Anda menghapusnya.

Lantas bagaimana cara membuat Instagram story? Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara membuat Instagram story terbaru dengan lengkap:

Cara membuat Instagram Story

Panduan Cara Membuat Instagram Story Lengkap


1. Cara membuat Instagram story bisa dilakukan dengan berbagai cara pada aplikasi Instagram, Anda bisa mengusap layar sambil ditahan dari sebelah kanan ke sebelah kiri, klik pada icon kamera sudut kiri paling atas, atau klik pada foto profil akun Instagram Anda sebelah kiri atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Selain lewat halaman home, Anda juga bisa membuat Instagram story melalui profil akun Instagram Anda dengan cara klik pada icon "+" sudut kiri paling atas, kemudian pilih "Cerita". Atau Anda juga bisa klik pada foto profil akun Instagram sudut kiri atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini untuk membuat story.


3. Berikut adalah tampilan pertama ketika Anda membuka Instagram story ini. Untuk menampilkan semua fiturnya, klik pada icon panah kebawah tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


4. Berikut sejumlah fitur yang ada pada Instagram story yaitu:

Buat: Untuk membuat status dalam bentuk tulisan. Anda bisa memilih berbagai font, warna, warna latar, menambahkan stiker serta lain-lain.
Boomerang: Untuk membuat foto yang diambil banyak lalu dibuat menjadi sebuah video yang bisa diputar maju mundur berulang kali.
Tata letak: Empat foto atau lebih yang digabung menjadi satu dalam satu frame.
Superzoom: Adalah video efek zoom.
Hands-Free: Adalah merekam video tanpa perlu menahan tombol. Video akan dipotong per 15 detik.

Silahkan Anda coba satu-persatu fitur diatas agar lebih paham kegunaannya.

Selain dengan alat-alat diatas, Anda sudah pasti dapat menekan tombol shutter kemera tersebut. Tekan sekali untuk mengambil foto, lalu klik tahan untuk merekam video. Disebelah kanan tombol shutter tersebut ada beberapa efek atau filter yang bisa Anda pilih, lalu sebelah kiri adalah fitur untuk melakukan live (siaran langsung).


5. Berikut adalah foto yang telah berhasil Anda jepret. Anda bisa mengedit lagi foto ini, klik pada icon "Aa" sudut kanan paling atas untuk menambahkan teks.


6. Silahkan ketik kalimat yang ingin Anda tulis pada foto tersebut atau video yang Anda ambil. Diatas dan bawah ada sejumlah efek yang bisa Anda tambahkan juga pada teks tersebut, seperti warna, jenis font dan lain-lain. Klik icon conteng kanan atas untuk kembali dan meyimpan perubahannya.


7. Untuk menambahkan coretan, klik pada icon coretan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


8. Silah coret-coret apa yang ingin Anda coret. Diatas ada sejumlah efek yang bisa Anda pilih seperti tebal coretan, dan lain-lain. Di samping sebelah kiri adalah ukuran coretannya, lalu dibawah adalah warna yang bisa Anda ubah-ubah. Bila sudah klik icon conteng sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


9. Untuk menambahkan stiker, ada dua cara yang bisa Anda lalukan, pertama usah layar dari bawah keatas, lalu yang kedua klik pada icon filter atas tersebut.


10. Ada banyak pilihan stiker yang bisa Anda tambahkan, seperti lokasi, gambar gif, jam, polling, stiker pertanyaan, hitung mundur, kuis, sejumlah emoticon dan lain sebagainya.


11. Untuk menghapus stiker atau hal lainnya yang telah Anda tambahkan, klik tahan pada stiker tersebut.


12. Lalu seret ke tong sampah dibawah tersebut untuk menghapusnya.


13. Klik icon foto emoticon wajah atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini untuk menambah filter. Ada yang lupa, sebelah kanan tombol filter tersebut adalah tombol download. Anda bisa mendownload foto atau video yang telah Anda edit di ig story ini dan bisa juga Anda upload ke ig feed Anda sebagai postingan.


14. Klik icon conteng sudut kanan atas bila Anda sudah memilih filternya.


15. Bila Anda sudah selesai membuat ceritanya dan tidak ada hal lainnya yang ingin ditambahkan, Anda bisa langsung mengupload nya. Klik icon "Cerita Anda" sudut kiri paling bawah untuk langsung mengupload nya, atau klik icon "Kirim ke" untuk mengirimnya ke teman Anda, dan klik "Teman Dekat" bila story Anda ini hanya dilihat oleh teman dekat yang telah Anda pilih saja.


Selamat Anda telah berhasil membuat Instagram story. Klik pada foto profil kiri atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini untuk melihat story yang telah Anda buat tersebut.


Atau Anda bisa juga membuka story di akun Instagram Anda lewat profil akun Anda. Buka profil akun Instagram Anda lalu klik pada foto profilnya.


Berikut adalah Instagram story yang telah Anda buat tersebut dan akan menghilang setelah 24 jam. Disini ada banyak pilihan lagi yang bisa Anda lakukan terhadap story yang telah berhasil Anda unggah tersebut, seperti membagikannya, kirik ke Facebook, menambah ke sorotan, dan klik pada "Lainnya" untuk menampilkan pilihan lainnya.


Disini Anda bisa menghapus story tersebut, menyimpan ke galeri hp Anda, mengirim, membagikannya sebagai postingan, menyalin tautan dan lain-lain. Klik pada "Pengaturan Cerita" untuk melihat beberapa pengaturan yang bisa Anda lakukan pada story ini.


Di menu pengaturan cerita Anda bisa menyembunyikan cerita dari seseorang, membuat daftar teman dekat, mematikan tombol balasan, memilih disimpan ke galeri, arsip dan lain-lain.


Bila ada followers Anda yang melihat story Anda, maka akan muncul di bagian kiri bawah. Klik untuk melihat siapa saja orang yang meliha story Anda tersebut.


Berikut adalah orang-orang yang melihat ig story Anda. Disini Anda juga bisa mendownload story tersebut, membagikannya, menghapusnya dan lain-lain.


Cara upload gambar ke story dari galeri hp


Untuk membuat story di Instagram, selain dengan cara mengambil langsung lewat kamera yang ada di story, Anda juda dapat memilih foto dan video yang ada di galeri hp Anda. Setelah membuka story klik pada icon galeri samping tombol siaran langsung seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Atau bisa juga mengusap layar dari bawah keatas.


Silahkan pilih gambar atau video yang ada di galeri hp Anda. Klik pada "Galeri" untuk memilih folder nya. Klik pada "PILIH BEBERAPA" untuk menguload 10 story dalam sekali buat.


Sama seperti cara buat story diatas, pada foto atau video yang Anda upload dari geleri ini bisa juga ditambahkan efek, seperti teks, filter, stiker dan lain-lain. Klik "Cerita Anda" untuk mengupload nya.


Cara mention orang di Instagram story


Cara mention atau menyebutkan akun Instagram orang cukup mudah, pada saat memasukkan teks, ketik (@) lalu nama pengguna (username) akun orang tersebut maka akan langsung muncul dibawah nya. Pilih akun tersebut untuk ditambahkan.


Itulah panduan lengkap cara membuat Instagram story serta fitur-fitur yang terdapat didalamnya. Bagaimana apakah Anda sudah bisa membuat Instagram story? Mencoba dan tau fitur-fitur didalam nya?

Promosi bisnis


Di Instagram story, Anda tidak hanya dapat membagikan aktivitas seseharian Anda, curhat, update status galau, mengucapkan teman yang ultah, membagikan postingan orang lain dan hal-hal lainnya, namun lewat Instagram story Anda bisa juga mempromosikan usaha atau bisnis juga.

Update kedepan


Aplikasi di sebuah hp baik iPhone maupun hp Android tiap saat pasti ada yang namanya update untuk memperbaiki performa serta penambahan fitur, begitu juga dengan aplikasi Instagram, mungkin kedepan akan banyak penambahan fitur baru dan tampilannya akan berbeda dengan yang ada di tutorial diatas. Namun fitur-fitur utama dan fungsinya akan tetap seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Kesimpulan


Instagram story adalah fitur yang sangat populer yang ada pada aplikasi Instaram. Kebanyakan orang saat pertama kali membuka aplikasi Instagram pasti akan langsung melihat pada bagian story, apalagi bila ada story terbaru dari teman atau pasangannya.

Gunakanlah Instagram story dengan sewajarnya. Jangan memposting hal-hal yang tidak baik seperti aib orang, konten dewasa, sadis, sara, dan hal yang melanggar hukum lainnya karena sekarang ini aplikasi Instagram sudah sangat pintar membaca apa yang Anda bagikan. Biasa saja Instagram menghapus konten yang Anda bagikan tersebut atau malah akun Instagram Anda yang akan dinonaktifkan. Sangat bahaya bukan?

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas tutorial cara membuat atau cara menggunakan Instagram story. Apakah Anda sudah berhasil membuat story lalu mengupload nya?

Bila ada masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Load comments