Sunday, December 6

Panduan Cara DM Di Instagram Terbaru Lengkap

Halo, sudah tau belum bagaimana cara DM di Instagram? Instagram adalah media sosial yang sedang ngehit sekarang ini. Hampir semua orang yang memiliki smartphone pasti memiliki akun Instagram.

Sama juga dengan media sosial lainnya, di Instagram Anda juga dapat membuat postingan, mengomentari dan memberikan like, mencari teman, live, chatting, membuat story dan hal lainnya layaknya sebuah media sosial.

Di Instagram ada salah satu fitur yang cukup populer di pengguna Instagram, yaitu DM Instagram.

Apa itu DM di Instagram?


Pernahkah Anda mendengar kata DM di Instagram? Pastinya Anda sudah sering mendengarnya, baik dari sesama pengguna Instagram maupun di tempat lainnya.

Nah apakah Anda sudah tau apa itu DM di ig? DM adalah singkatan dari kata "Direct Messenger" atau "Pesan Langsung".

Lewat DM Anda bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna Instagram layaknya sebuah aplikasi chatting yang cukup canggih.

Kenapa bisa canggih? Ya karena lewat DM Anda bisa melakukan banyak hal selain hanya sekedar chatting saja.

Selain chatting, di DM Anda bisa melakukan video call, panggilan suara, membuat grup percakapan atau video grup, mengirim gambar dan video, rekaman suara, serta serunya lagi di direct messenger ig Anda bisa menarik pesan yang telah Anda kirim tanpa diketahui. Sangat seru bukan?

Lantas bagaimana cara mengirim pesan DM di Instagram? Nah bagi Anda yang sudah cukup lama menggunakan aplikasi Instagram namun masih bingung bagaimana cara DM di Instagram atau cara menggunakan fitur-fitur yang ada di DM tersebut, berikut panduan lengkap cara DM di Instagram dengan mudah:

Cara dm di Instagram

Cara DM di Instagram Terbaru


Untuk akun yang di private atau yang belum berteman dengan Anda di Instagram, cara mengirim pesan DM bisa dilakukan dengan cara klik pada icon titik tiga sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya klik "Kirim Pesan".


Untuk akun yang tidak di private atau sudah Anda follow cara mengirim pesan DM cukup mudah, Anda bisa langsung klik pada tombol "Kirim Pesan" tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Untuk langsung mengirim pesannya, langsung saja klik dalam kotak tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Nah banyak hal yang bisa Anda lakukan disini, seperti mengambil foto langsung dan mengirimnya lewat icon kamera sudut kiri paling bawah tersebut, mengirim rekaman suara lewat icon rekaman tersebut, mengirim foto yang ada di galeri hp Anda lewat tombol galeri di sebelah kirim tombol rekaman tersebut dan mengirim stiker lewat tombol stiker sudut kanan paling bawah tersebut. Selain itu Anda juga dapat melakukan VC atau video call lewat tombol video sudut kanan paling atas tersebut.

Anda juga dapat membuat pesan DM dengan akun Instagram tersebut berwarna biru atau warna dan tema lainnya. Klik pada nama pengguna akun tersebut paling atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Klik pada "Tema" untuk memilih tema atau warna pesan chatting dengan akun tersebut. Disini juga terdapat sejumlah pengaturan lainnya, seperti "Senyapkan Pesan" artinya tidak ada notifikasi pemberitahuan ketika ada pesan DM masuk dari akun tersebut dan juga "Senyapkan Obrolan Video" artinya juga begitu.


Anda juga dapat membatalkan atau menarik kembali pesan yang telah Anda kirim tersebut. Caranya klik tahan pada pesan yang telah Ada kirim tersebut, lalu klik pada "Batal Kirim" dua kali untuk menarik kembali pesan tersebut. Lalu klik pada menu "Lainnya" untuk melihat sejumlah fitur lainnya seperti menyalin pesan dan lain-lain. Anda juga dapat membalas pesan tersebut dengan berbagai pilihan reaction emoticon yang muncul disitu.


Ketika pesan Anda telah dibuka, maka Anda bisa mengetahuinya lewat tulisan "Dilihat" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Bagaimana ternyata sangat mudah bukan cara mengirim pesan DM di Instagram? Lantas bagaimana cara membuka pesan masuk dari teman Anda di Instagram? Caranya sebagai berikut:

Cara Melihat Pesan DM Masuk


Seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, angka satu tersebut menandakan ada satu pesan masuk atau ada satu pesan masuk yang belum dibuka. Langsung saja klik pada icon messenger sudut kanan paling atas tersebut.


Tanda pesan yang belum dibuka nampak pesan tersebut masih hitam tebal. Langsung saja klik pada pesan tersebut untuk membuka atau membalasnya.


Anda bisa langsung membalasnya. Nah coba perhatikan bagian sudut kiri paling atas, icon titik berwarna hijau di foto profil akun tersebut menandakan bahwa akun tersebut sedang aktif menggunakan Instagram. Anda bisa mengetuk dua kali untuk menyukai pesan tersebut.


Tampak icon love itu berarti Anda sudah menyukai pesan dari akun tersebut. Anda bisa membalas langsung tiap pesan dari akun tersebut, caranya klik tahan pada pesan tersebut lalu geser kesebelah kanan.


Anda sudah berhasil membalas pesan langsung dari kalimat dari akun tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Ternyata sangat mudah bukan cara membalas pesan DM yang masuk dari teman Anda di Instagram. Lantas bagaimana cara membuka pesan DM dari akun yang tidak Anda ikuti? Caranya sebagai berikut:

Cara Membuka Permintaan Pesan Masuk


Bila ada pesan masuk dari akun yang tidak Anda ikuti atau akun tersebut mengikuti Anda atau tidak, maka pesan dari akun tersebut tidak akan langsung muncul dan dapat Anda baca, Anda mesti membuka nya di menu "Permintaan" pesan. Langsung klik pada tulisan "Permintaan" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Bila ada pesan masuk dari akun yang tidak Anda ikuti Anda bisa melihatnya disini. Bila lebih dari 3- hari Anda tidak membukanya, maka permintaan pesan tersebut akan hilang. Klik pada pesan tersebut untuk melihatnya atau membukanya bila Anda ingin membalasnya.


Disini Anda bisa melihat semua pesan yang dikirim oleh akun tersebut tanpa perlu diketahui oleh akun tersebut bahwa Anda telah membacanya, kecuali foto dan video, bila ingin melihatnya Anda harus menerimanya terlebih dahulu. Klik "Blokir" bila Anda ingin memblokir pesan dari akun tersebut, klik "Hapus" bila Anda ingin menghapus pesan tersebut, klik "Terima" bila Anda ingin membalasnya. Ketika Anda telah menerima pesan dari akun tersebut, maka akun tersebut dapat melakukan video call terhadap Anda.


Nah sekarang akun tersebut telah mengetahuinya bahwa Anda telah membuka pesan dari dirinya. Sekarang Anda dan akun tersebut sudah dapat saling chatting, melakukan video call, serta hal lainnya di DM Instagram.


Icon tambah sudut kanan paling bawah seperti yang tampak pada gambar diatas adalah untuk memunculkan sejumlah menu lainnya seperti mengirim GIF, icon love dan balasan cepat (khusus akun bisnis).

Nah itulah cara DM di Instagram, cara membalas pesan DM di Instagram dan cara membuka permintaan pesan di Instagram. Bagaimana apakah Anda sudah paham bagaimana cara DM di Instagram dan fitur-fitur yang terdapat disana?

Cara DM Instagram di PC


Cara DM Instagram di komputer atau laptop caranya cukup gampang. Anda bisa langsung membuka situs Instagram.com di web browser Chrome atau lainnya, lalu klik pada icon DM sebelah kanan atas tersebut dan silahkan lihat pesan DM yang masuk.

Untuk mengirim pesan ke salah satu akun lewat PC, Anda bisa membuka terlebih dahulu akun tersebut, lalu klik pada "Kirim pesan" atas disamping kanan nama pengguna akun tersebut.

Lewat PC, Anda tidak dapat mengirim pesan DM ke akun yang belum Anda ikuti, jadi ikuti terlebih dahulu akun tersebut agar bisa muncul tombol kirim pesan nya.

Untuk lebih lengkapnya, lihat pada artikel cara dm di Instagram lewat PC tanpa aplikasi.

Kesimpulan


Saat pertama kali Instagram muncul, fitur DM atau kirim pesan di Instagram sangat kaku dan minim fitur. Namun sekarang ini, di Instagram Anda bisa chatting dengan sesama pengguna Instagram layaknya aplikasi chatting di WA, Facebook Messenger dan aplikasi chatting lainnya.

Pergunakanlah fitur kirim pesan di Instagram ini dengan sebaik-baiknya. Jangan mengirim hal-hal yang tidak beretika terhadap pengguna lain, melakukan video call dan hal-hal yang mengganggu lainnya. Bila akun Anda telah diblokir, itu artinya Anda tidak dapat mengirim pesan lagi ke akun tersebut.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas cara DM di Instagram. Bagaimana apakah Anda sudah bisa mencoba fitur direct messenger (DM) di Instagram ini?

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar