Thursday, December 17

2 Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru

Bagaimana cara private akun Instagram atau menggembok / mengunci nya? Instagram adalah media sosial yang sedang hit dan populer di zaman sekarang.

Instagram digunakan oleh banyak kalangan masyarakat, baik remaja, orang dewasa sampai yang tua-tua pun juga memiliki akun Instagram.

Sama hanya dengan media sosial lainnya, di Instagram banyak hal yang bisa dilakukan seperti mencari teman, saling mengikuti, mengupload foto dan video, membuat story, chatting, live dan hal-hal lainnya.

Untuk urusan privasi, hampir mirip dengan di Facebook, di Instagram Anda ada pilihan untuk membuat akun menjadi private.

Apa itu akun Instagram private?


Akun Instagram private adalah akun Instagram yang di gembok atau di kunci. Bila akun Instagram di private, maka semua kiriman, followers, cerita dan lainnya hanya dapat dilihat oleh akun-akun yang telah diterima buat mengikuti akun tersebut.

Nah sebelum membahas bagaimana cara private akun Instagram, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat atau keuntungan private akun Instagram dan kerugian private akun Instagram berikut ini:

Keuntungan mengunci akun Instagram

  • Terhindar dari pencurian konten. Karena dengan menggembok akun Instagram, Anda dapat memilih pengikut akun Instagram Anda hanya orang-orang yang Anda kenal saja.
  • Bisa membagikan hal-hal yang bersifat pribadi karena hanya dilihat oleh orang-orang yang Anda kenal saja, seperti teman dan keluarga Anda.
  • Mencegah komentar buruk. Dengan menggembok akun Instagram, Anda akan terhindar dari kumentar-komentar jelek, bullying, dari akun-akun yang tidak jelas.
  • Tidak bisa di kepoin. Anda punya mantan atau siapapun itu? Dengan mengunci akun Instagram, mereka tidak bisa mengintip akun Instagram Anda lagi.

Kerugian mengunci akun Instagram

  • Buang banyak waktu dan bikin lelah buat mengecek satu persatu orang yang akan mengikuti akun Instagram Anda.
  • Akan sia-sia saja menggunakan hashtag dan nama lokasi di postingan Anda karena postingan Anda tidak akan muncul di pencarian Instagram sebab akun private.
  • Tidak bisa mengikuti lomba foto dan give away di Instagram. Karena untuk mengikuti lomba foto dan give away di Instagram syarat utamanya adalah akun Instagram tidak boleh digembok.
  • Tidak bisa beralih ke akun bisnis. Akun Instagram yang di private tidak bisa dirubah ke akun bisnis kecuali diubah ke akun biasa terlebih dahulu.
  • Tidak dapat menghibur, membagikan ilmu, berbagi pengalaman atau menginspirasikan orang banyak.
  • Tidak akan mendapatkan banyak followers.
  • Serta masih banyak kerugian menggembok akun Instagram lainnya.

Itulah manfaat dan kerugian menggembok akun Instagram. Bila Anda ingin tetap mengunci akun Instagram Anda dengan alasan seperti yang disebutkan diatas atau ada alasan lainnya, langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi ini cara private akun Instagram versi terbaru dengan mudah:

Cara private akun Instagram

Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru


1. Cara Private Akun Instagram Lewat HP


Lewat hp, silahkan buka aplikasi Instagram Anda terlebih dahulu, baik lewat hp Android atau pun iPhone yang Anda gunakan. Selanjutnya buka profil akun Instagram Anda dan klik icon menu pilihan sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya klik pada menu "Pengaturan" paling bawah tersebut.


Klik "Privasi".


Selanjutnya klik pada icon untuk menggembok akun "Akun Privat" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Langsung saja klik "Beralih ke Pribadi".


Selamat Anda telah berhasil menggembok akun Instagram Anda menjadi private alias dikunci. Untuk beralih ke akun biasa kembali, Anda cukup menghilangkan icon conteng di menu "Akun Privat" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Sekarang pada profil akun Instagram Anda di sudut kiri atas terdapat icon gembok seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Sekarang akun Instagram Anda benar-benar sudah di gembok, orang yang tidak mengikuti akun Anda tidak dapat lagi melihat kiriman Anda, Instagram story, siapa saja pengikut dan orang yang Anda ikuti dan lain-lain, namun mereka dapat mengirim Anda pesan dan pesan tersebut masuk dalam menu permintaan pesan.


Tulisan diminta seperti yang tampak pada gambar dibawah ini akan terus muncul sampai Anda menerimanya atau menghapus nya untuk mengikuti akun Instagram Anda.


Bila ada akun Instagram yang ingin mengikuti akun Instagram Anda akan tetap muncul notifikasi nya seperti biasa pada sudut kanan atas. Silahkan buka untuk melihat siapa yang meminta buat mengikuti akun Instagram Anda.


Berikut adalah akun yang ingin mengikuti akun Instagram Anda. Anda harus klik "Konfirmasi" untuk menerima akun tersebut buat mengikuti akun Instagram Anda.


Bila akun Anda sudah di private, maka postingan Anda dapat dibagikan oleh orang lain namun hanya akan terlihat untuk akun-akun yang telah mengikuti akun Instagram Anda saja


Itulah cara private akun Instagram lewat hp. Bagaimana apakah Anda sudah bisa mengunci akun Instagram Anda? Selain lewat hp, Anda juga dapat mengunci akun Instagram Anda lewat PC atau laptop. Berikut caranya:

2. Cara Private Akun Instagram Lewat PC


Silahkan buka Instagram lewat PC. Masuk ke akun Instagram Anda, lalu kebagian profil. Klik icon roda berputar seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya klik pada menu "Privasi dan Keamanan".


Langsung saja klik conteng pada icon tersebut "Akun Pribadi" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini dan selamat akun Instagram Anda telah berhasil diubah menjadi akun pribadi atau di gembok.


Itulah cara private akun Instagram lewat PC. Bagaimana apakah Anda sudah bisa melakukannya?

Cara private account Instagram bisnis


Bagaimana cara menggembok akun Instagram bisnis? Apakah bisa akun profil bisnis Instagram di private atau dikunci? Jawabannya tidak bisa. Anda tidak bisa menggembok akun Instagram bisnis. Untuk menggembok akun bisnis Anda harus beralih terlebih dahulu ke akun biasa.

Cara mengembalikan private akun Instagram


Cara mengembalikan akun Instagram yang digembok caranya cukup mudah, sama hanya seperti Anda menggembok akun Instagram Anda. Cukup buka menu pengaturan, lalu privasi dan hilangkan conteng pada menu "Akun Privat" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Kesimpulan


Ternyata cukup banyak manfaat menggembok akun Instagram. Namun selain manfaat yang Anda dapatkan, juga banyak kerugian lainnya yang akan Anda dapatkan ketika Anda menggembok akun Instagram Anda seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Semuanya terserah sama Anda, pastinya Anda sudah memiliki alasan tersendiri kenapa ingin menggembok akun Instagram nya.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas tutorial bagaimana cara private akun Instagram dengan tampilan baru Instagram. Bagaimana apakah Anda sudah bisa menggembok akun Instagram Anda?

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artike lainnya:

Muat Komentar