Thursday, February 4

Cara Membuat Linktree Di Instagram Versi Terbaru

Sudah tau cara membuat linktree di Instagram? Bila Anda masih bingung bagaimana cara membuat dan menggunakan linktree, yuk simak artikel ini sampai tuntas untuk melihat caranya.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang cukup populer dan sangat banyak jumlah penggunanya ini berbeda dengan kakaknya yaitu Facebook.

Bila di Facebook Anda dapat menaruh link url tautan dimana saja dan link tersebut aktif dapat diklik menuju halaman link tersebut.

Hal ini berbeda dengan Instagram, link yang Anda taruh pada caption postingan, komentar, di story atau pun di bio tidak akan dapat diklik oleh siapapun.

Link yang dapat diklik yang bisa Anda taruh di Instagram adalah pada bagian situs web di bio profil akun Instagram Anda.

Selain itu di Instagram story Anda juga dapat menaruh link namun jumlah followers Anda harus mencapai 10k terlebih dahulu.

Nah bila Anda memiliki cukup banyak link yang ingin ditaruh di Instagram agar dapat dikunjungi oleh para followers Anda seperti link menuju ke chat WhatsApp langsung, Line, ke toko online Anda di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau ke situs web blog Anda, maka Anda harus menggunakan linktree.

Apa Itu Linktree?


Linktree adalah situ web yang memungkinkan Anda untuk membuat link secara gratis. Di link tersebut Anda dapat menaruh lagi link atau halaman yang menuju ke berbagai situs media sosial yang Anda gunakan, ke situs web toko online Anda, lapak Anda di situs marketplace, ke chat WA atau Line dan kemana saja yang ingin Anda tuju.

Link yang Anda buat di situs linktree tersebut dapat Anda taruh di bio profil akun Instagram Anda. Nah ketika ada yang klik link tersebut maka para followers Anda dapat membuka link-link yang telah Anda input tersebut.

Manfaat menggunakan Linktree


Sebelum Anda membuat dan mendaftar linktree, ada beberapa manfaat yang patut Anda ketahui seperti dibawah ini:
  • Sebagai solusi bila akun Instagram Anda belum bisa swipe up di story atau followers Anda belum sampai 10k.
  • Bisa menaruh banyak link sesuka Anda seperti link menuju ke channel Youtube Anda, ke situs web Anda, ke blog Anda, ke WhatsApp, Line, Telegram, Tokopedia, Shopee, dan kemanapun, jadi Anda tidak perlu lagi buang-buang waktu mengedit link yang ada dibio.
  • Memudahkan calon pelanggan Anda bila ingin menuju ke link tersebut tanpa harus mengetiknya lagi di alamat url.

Pastinya lebih banyak lagi manfaat menggunakan linktree bagi Anda yang berbisnis di Instagram. Lantas bagaimana cara membuat linktree di Instagram?

Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara bikin linktree di Instagram versi terbaru:

Cara membuat linktree di Instagram

Cara Membuat Linktree Di Instagram Versi Terbaru


Cara daftar akun Linktree


1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun linktree terlebih dahulu langsung di situs linktree. Silahkan buka situs linktr.ee di web browser hp Android atau iPhone Anda. Bila sudah terbuka langsung saja klik menu "GET STARTED FOR FREE" untuk membuat akunnya.


2. Masukkan alamat email Anda, username linktree Anda lalu kata sandinya. Bila sudah klik "Register".


3. Silahkan masukkan nama dan pilih minimal 3 kategori yang menggambarkan akun Instagram Anda atau lainnya. Bila sudah klik pada "Save details". Namun sebelumnya jangan lupa klik conteng pada "I'm not a robot".


4. Pilih "Continue with Free".


5. Selamat Anda telah berhasil membuat akun linktree. Klik "Countinue".


6. Buka alamat email yang Anda gunakan untuk mendaftar tadi. Buka kotak masuk dari Linktree dan klik "Verify Email" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Sekarang Anda telah berhasil mendaftar di situs Linktree. Langkah selanjutnya adalah membuat link di situs linktree. Berikut caranya:

Cara memasukkan link di Linktree


1. Silahkan buka kembali situs https://linktr.ee/, masukkan alamat email dan kata sandinya. Klik pada menu "Links" lalu klik pada "Add New Link" untuk langsung membuat link di linktree seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Klik pada kotak yang disediakan seperti yang tampak pada gambar dibawah ini untuk langsung membuat link Anda. Pada bagian "Enter title" silahkan masukkan judul link dan pada "https://url" silahkan masukkan link url nya.


3. Bila ingin menambahkan banyak link klik pada "Add New Link". Bila link yang Anda masukkan benar maka akan tampak warna hijau disamping kanan tersebut. Anda juga dapat menggeser posisinya dengan cara klik tahan dan menggesernya. Untuk melihat hasilnya atau demo nya klik pada "My Linktree" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


4. Berikut adalah demo nya. Anda dapat mengubahnya kembali.


5. Anda juga dapat mengubah tampilannya. Klik pada "Appearance" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


6. Klik pada "Pick an Image" untuk mengubah foto profil dan "Themes" adalah untuk memilih tema nya. Untuk versi pro, Anda dapat memilih tema yang bagus-bagus serta pilihan teks yang beragram.


7. Bila sudah selesai mengganti foto profil dan tema nya, langsung selanjutnya adalah menyalin link linktree tersebut, caranya klik pada tombol "Share" kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


8. Selanjutnya klik pada "Copy my Linktree URL".


Selamat Anda telah berhasil mendaftar dan membuat link di situs linktree. Langkah selanjutnya adalah menaruhnya pada bio akun Instagram Anda.

Cara menaruh linktree di bio Instagram


1. Langsung saja silahkan buka akun Instagram Anda, lalu buka profil dan klik pada "Edit Profil" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Silahkan masukkan link linktree yang sudah Anda salin tersebut pada bagian situs web seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Bila sudah klik icon conteng sudut kanan atas untuk menyimpannya.


Selamat Anda telah berhasil membuat linktree di Instagram dan link tersebut sudah berhasil muncul di bio akun Instagram Anda seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Nah saat Anda klik atau para followers Anda klik maka akan langsung menuju ke halaman linktree Anda seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Disini para followers Anda dapat memilih ingin membuka halaman yang mana.


Itulah cara membuat linktree di Instagram dan cara menaruhnya di bio akun Instagram Anda. Bagaimana ternyata sangat mudah sekali bukan caranya?

Kenapa linktree tidak bisa di klik?


Link tautan yang Anda tambahkan tidak bisa diklik di linktree? Bisa jadi penyebabnya adalah link yang Anda masukkan salah. Silahkan cek kembali link yang Anda masukkan tersebut. Anda dapat mengedit kembali link tersebut dengan langsung membuka situs linktree tadi seperti cara membuat linktree diatas.

Cara membuat linktree WhatsApp di Instagram


Untuk cara buat linktree WhatsApp caranya cukup mudah, Anda bisa menggunakan wa.me. Contohnya sebagai berikut:

https://wa.me/NomorTelepon

Pada bagian nomor telepon silahkan masukkan nomor hp wa Anda. Lalu link tersebut dapat Anda taruh pada saat mengedit link di situs linktree seperti cara diatas.

Kesimpulan


Menggunakan linktree merupakah salah satu solusi yang bagus bila Anda berjualan di Instagram dan memiliki banyak link yang ingin ditaruh dibio. Dengan linktree Anda dapat menaruh banyak link di bio akun Instagram Anda seperti link ke chat wa langsung, ke situs lapak dagangan Anda di Tokopedia, Shopee dan lain-lain.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas cara membuat linktree di Instagram versi terbaru dengan mudah. Bagaimana apakah Anda telah berhasil membuat linktree tersebut?

Bila ada masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar