Monday, February 1

6 Cara Membuat Link WhatsApp Di Bio Instagram Terbaru

Bagaimana cara membuat link WhatsApp di bio Instagram? Atau cara membuat link WA menuju chat langsung ketika ada yang klik link tersebut di bio Instagram? Bila Anda masih bingung bagaimana caranya, yuk simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui cara lengkapnya.

Instagram adalah media media sosial yang serba lengkap. Selain Anda dapat membuat postingan dalam bentuk foto dan video, saling mengikuti antar pengguna Instagram, mengirim pesan lalu chatting, video call dan aktivitas menarik lainnya, ternyata banyak juga yang memanfaatkan Instagram untuk berbisnis.

Rata-rata para pembisnis menggunakan akun Instagram untuk mempromosikan usahanya dan bahkan ada juga yang berjualan langsung lewat akun Instagram nya.

Di akun-akun online shopping atau olshop Instagram pasti Anda sering melihat link WhatsApp pada bio atau profil akun tersebut, ketika Anda klik maka akan langsung menuju ke chat wa langsung adminnya.

Hal ini pasti memudahkan calon pembeli tanpa perlu lagi meminta nomor WhatsApp yang kadang lama dibalasnya.

Selain itu, dengan adanya link wa di bio yang bisa diklik, calon pembeli juga tidak akan capek-capek harus mengetik nomor wa nya dan menyimpannya di kontak hp nya.

Bagaimana sangat menarik bukan? Nah Anda juga dapat membuatnya loh, apalagi bila Anda juga berjualan di Instagram, jadi silahkan manjakan calon pembeli Anda.

Lantas bagaimana cara membuat dan cara memasukkan link WhatsApp di bio Instagram?

Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara membuat link WhatsApp dan cara memasukkannya pada bio akun Instagram Anda dengan mudah:

Cara membuat link WhatsApp di Instagram

Cara Membuat Link WhatsApp Di Bio Instagram


1. Menggunakan Link Dari Api WhatsApp


Cara yang pertama ini bisa menggunakan link api dari WhatsApp. Silahkan masukkan link berikut ini di bio akun Instagram Anda.

https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorHPWA

Pada "NomorHPWA" tulis nomor hp WhatsApp Anda. Jangan lupa untuk memasukkan kode negara Anda.

Bila nomor hp Anda adalah 085260123456, maka yang harus Anda masukkan adalah 6285260123456.

62 adalah kode negara Indonesia

Jangan masukkan tanda + dan 0

Hasilnya begini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285260123456

Bila Anda tinggal di negara Malaysia, Anda bisa menggunakan kode negara Malaysia 60, Hongkong 63, Korea Selatan 82, dan untuk mengetahui kode negara-negara lainnya bisa dilihat disini.

Hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini ketika Anda memasukkannya ke link website di bio akun Instagram Anda:


Ketika link tersebut diklik maka akan langsung menuju ke chat di aplikasi WhatsApp tanpa harus menyimpan terlebih dahulu nomor hp Anda.


2. Menggunakan WA ME


Bila link diatas terlalu panjang dan cukup ribet, Anda bisa menggunakan link WA.ME. Caranya cukup mudah silahkan masukkan link berikut ini pada bagian link website di bio akun Instagfam Anda:

https://wa.me/NomorTelepon

Pada "NomorTelepon" silahkan masukakn nomor hp WhatsApp Anda berserta dengan kode negara Anda yang caranya sudah dijelaskan diatas.

Jadi hasilnya begini:

https://wa.me/6285260123456

Ketika ditaruh pada bio profil akun Instagram Anda, maka akan tampak seperti pada gambar dibawah ini. Terlihat sangat pendek dan rapi bukan bagian link website bio akun Instagram Anda.


Ketika link tersebut diklik maka juga akan menuju ke chat WhatsApp langsung seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


3. Menambahkan Teks Otomatis


Anda juga dapat menambahkan pesan teks otomatis. Saat link tersebut diklik oleh calon pembeli Anda, ketika menuju chat langsung maka teks atau pesan yang Anda tambahkan tersebut akan langsung muncul. Calon pembeli Anda bisa klik kirim tanpa harus bingung ingin menulis apa.

Caranya sebagai berikut:

Pada ujung link seperti kedua cara diatas yaitu https://api.whatsapp.com/send?phone=6285260123456 dan https://wa.me/6285260123456 Anda cukup menambahkan format seperti berikut ini:

%3A untuk menambahkan titik dua
%0A untuk enter
%20 untuk spasi, dan
%2C untuk koma

Sebagai contohnya adalah:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285260123456&text=Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0ABarang%20Pesanan%20%3A

https://wa.me/6285260123456&text=Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0ABarang%20Pesanan%20%3A

Maka hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.


Dan dibawah ini adalah tampilan ketika link tersebut ditaruh pada bio akun Instagram Anda.


4. Memperpendek URL


Memang link WhatsApp diatas terlalu panjang dan membuat bagian bio profil akun Instagram Anda jelek. Namun Anda tidak perlu kuatir karena link tersebut bisa di perpendek dengan cara memanfaatkan layanan situs perpendek url.

Ada banyak sekali situs yang bisa digunakan untuk memperpendek link url di internet, salah satunya yang bisa Anca coba adalah bitly.com.

Silahkan buka situs bitly.com lewat web browser yang ada di hp Android atau pun iPhone yang Anda gunakan. Selanjutnya masukkan link WhatsApp yang telah Anda buat tersebut pada kotak yang telah disediakan tersebut. Bila sudah klik "Shorten" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

Link tersebut sudah siap dibuat. Anda bisa langsung menyalinnya. Silahkan klik tombol "Copy" untuk menyalinnya.


Selanjutnya masukkan pada bio akun Instagram Anda seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


5. Cara Memasukkan Link di Bio Instagram


Cara memasukkan link pada bio Instagram caranya cukup mudah sekali. Silahkan buka profil akun Instagram Anda lalu klik menu "Edit Profil" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya klik pada menu "Situs Web" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Silahkan masukkan link url yang sudah Anda buat tersebut. Bila sudah langsung saja klik icon conteng sudut kanan atas untuk menyimpannya seperit yang tampak pada gambar dibawah ini.




6. Gunakan LinkTree bila banyak link



Setelah memasukkan link WhatsApp seperti cara diatas, bila ada link lainnya Anda tidak bisa memasukkannya lagi seperti situs website Anda atau blog Anda. Namun Anda tidak perlu kuatir tidak bisa memasukkan link url lainnya karena pada bio Instagram bisa dimasukkan banyak link url dengan memanfaatkan situs linktree.com.

Untuk cara membuat linktree sendiri bisa dilihat pada artikel cara membuat linktree di Instagram.

Nah itulah cara membuat link WhatsApp di bio akun Instagram. Ternyata sangat mudah sekali bukan cara membuatnya.

Kesimpulan


Dengan menaruh link WA di bio Instagram akan sangat bermanfaat sekali bagi calon pelanggan atau pembeli Anda. Mereka tidak perlu meminta lagi nomor WhatsApp Anda dan capek-capek mengetiknya lagi, karena hanya dengan langsung klik link pada bio tersebut akan langsung menuju chat langsung di aplikasi Instagram.

Selain itu Anda juga dapat menaruh format kalimat agar para pembeli Anda tidak perlu bingung-bingung lagi ingin menulis apa. Sangat menarik bukan?

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara membuat dan cara menaruh link WhatsApp pada bio akun Instagram terbaru. Bagaimana apakah Anda telah berhasil mencobanya?

Bila Ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar