Wednesday, March 17

26 Manfaat Instagram Secara Umum Lengkap

Sudah tau apa manfaat Instagram secara umum? Atau bagi para pelajar dan untuk bisnis? Yuk simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui semua manfaatnya.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang sudah cukup lama ada ini ternyata digunakan hampir semua kalangan manusia di dunia, baik itu anak remaja, orang dewasa, sampai orang tua pun memiliki akun di Instagram.

Di Instagram banyak hal yang bisa dilakukan, sama hanya dengan media sosial lainnya, Anda juga dapat membuat postingan dalam bentuk foto dan video, mencari teman dan saling mengikuti, chatting, live dan aktivitas menarik lainnya layaknya sebuah media sosial.

Apakah Anda sudah menggunakan Instagram atau memiliki sebuah akun di Instagram? Bila belum Anda patut membuat sebuah akun di Instagram.

Karena sekarang ini aplikasi media sosial milik Facebook Inc tidak hanya digunakan sebagai ajang buat narsis dan pamer saja, sudah banyak yang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, seperti untuk bisnis, mencari inspirasi dan lain-lain.

Lantas apa saja manfaat Instagram lainnya? Seperti untuk pelajar, sebagai media promosi, bagi perusahaan, atau sebagai ajang untuk mencari jodoh?

Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut beberapa manfaat dan kegunaan Instagram secara umum dan lengkap:

Manfaat Instagram secara umum

Manfaat Instagram Secara Umum


1. Untuk mencari teman


Manfaat pertama Instagram adalah sudah pasti dapat memperbanyak teman. Anda dapat mencari sebanyak mungkin teman di Instagram dan bisa mengirim mereka pesan direct (DM) untuk langsung berkenalan.

Yang bagusnya lagi di Instagram, Anda dapat menemukan teman lama Anda yang mungkin sudah lama tidak ada kabar lagi.

Anda bisa memanfaatkan fitur sinkronisasi kontak hp atau hubungkan dengan Facebook untuk melihat teman-teman Anda lainnya yang menggunakan Instagram.

2. Sebagai media penyimpanan foto


Banyak juga yang memanfaatkan aplikasi berbagi foto Instagram ini untuk menyimpan foto mereka. Bila Anda takut tiba-tiba hp Anda rusak lalu semua foto-foto Anda hilang, Anda bisa menguploadnya ke Instagram.

Bila foto-fotonya bersifat pribadi dan Anda tidak ingin dilihat oleh orang yang tidak Anda kenal, Anda bisa membuat privasi, jadi hanya orang-orang yang sudah Anda terima saja yang dapat melihatnya, seperti keluarga dan teman dekat.

3. Tempat berkreasi


Anda suka berkreasi tentang hal apa saja dan ingin dilihat dan ditanggapi oleh orang banyak? Instagram adalah tempat yang tepat untuk membagikan kreatifitas Anda.

Anda dapat menginspirasikan orang lain lewat kreatifitas yang Anda upload ke Instagram. Ketika Anda membagikannya ke Instagram tentunya Anda akan lebih bersemangat lagi dalam berkarya karena akan mendapatkan tanggapan baik dari pengguna Instagram.

4. Membagikan ilmu


Anda ahli dalam suatu bidang dan ingin membagikannya ke banyak orang agar orang lain dapat merasakan manfaat dari ilmu Anda tersebut? Instagram adalah media yang tepat untuk share hal apapun.

Ilmu yang Anda bagikan akan dilihat oleh banyak orang ketimbang lewat cara offline, dan sudah pasti cukup mudah untuk dilakukan tanpa perlu bersusah payah kesana sini.

5. Sumber inspirasi


Zaman sekarang ini, untuk mencari sumber inspirasi untuk hal apa pun, Anda tidak perlu lagi beli buku, majalah, atau nonton acara di tv. Selain lewat Youtube, di Instagram pun Anda dapat mendapatkan sumber inspirasi apapun.

Bila Anda sedang mencari inspirasi untuk modifikasi motor Anda ingin seperti apa, Anda cukup mengetik di pencarian merek dan tipe motor Anda, nanti akan banyak sekali foto-foto dan video-video yang memuat motor seperti Anda. Nah tinggal pikir deh ingin memodis seperti apa motor nya nanti.

6. Mendapatkan informasi terkini


Zaman semakin maju, untuk mendapatkan informasi terkini semakin maju juga caranya. Anda tidak perlu lagi membeli koran, mendengarkan radio atau menonton tv, lewat Instagram pun Anda sudah dapat mendapatkan informasi terkini.

Ada banyak sekali akun-akun yang khusus dibuat untuk mengupdate informasi terkini. Anda tinggal pilih akun yang mana, bahkan media-media mainstream pun memiliki akun di Instagram dan tiap menit juga mengupdate informasi terkini.

Yang serunya lagi, Anda dapat melihat tanggapan orang banyak dikolom komentar dan juga dapat memberikan komentar Anda terhadap isi beritanya.

7. Menghibur diri


Selain itu, untuk menghibur diri bila dulu Anda suka menunggu acara komedia di tv, nah di Instagram pun Anda juga dapat mendapatkannya. Ada banyak sekali akun-akun komedi di Instagram yang bisa Anda ikuti dengan lawakkannya yang bebeda-beda pula.

Selain komedi, ada banyak hal lainnya yang terdapat di Instagram yang bisa menghilangkan rasa suntuk Anda, seperti melihat foto dan video perjalanan, dan hal lainnya.

8. Tempat narsis


Anda suka narsis? Instagram adalah tempat yang paling cocok karena sosial media berbagi foto. Anda dapat membagikan foto-foto Anda yang keren-keren di Instagram. Foto Anda akan di sukai dan dikomentari oleh para pengikut Anda.

9. Pamer


Selain tempat narsis, di Instagram Anda bisa pamer. Anda bisa pamer apapun di Instagram seperti foto liburan Anda, tas baru, jam tangan baru, pakaian baru Anda dan apapun itu karena tidak ada yang melarangnya.

10. Mencari jodoh


Apakah Anda sedang jomblo dan ingin segera mungkin mendapatkan jodoh? Instagram adalah tempat yang pas untuk menemukan jodoh.

Banyak sekali para pengguna Instagram yang menemuka jodohnya di Instagram. Dari kesamaan hobi, like dan komentari foto, mengirim pesan dan akhirnya mendapatkan nomor WA nya.

Untuk mendapatkan jodoh di Instagram, keberanian sangat lah perlu, dan jangan sekali-kali mengirim pesan yang kurang sopan di Instagram, selain pesan Anda tidak akan dibalas, akun Anda malah bisa diblokir.

11. Mencari lowongan kerja


Tiap hari beli koran hanya untuk membuka halaman yang memuat informasi lowongan kerja namun tidak pernah ada yang cocok? Jangan putus asa, karena di Instagram Anda dapat mencari lowongan kerja juga yang sangat beragam sesuai dengan passion Anda.

Untuk mencari lowongan kerja di Instagram, Anda cukup mengetik di pencarian dengan kata kunci lowongan kerja, nanti akan banyak sekali keluar akun-akun khusus yang hanya memuat informasi lowongan pekerjaan.

12. Bisa menjadi selebgram atau artis


Anda tau Ria Ricis, Atta Halilintar, Awkarin dan lain-lain? Nah mereka adalah para selebgram yang sangat sukses di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Bahkan sekarang mereka adalah Youtubers besar yang juga tampil di tv-tv.

Apakah Anda ingin menjadi selebgram juga? Yuk lihat caranya pada artikel cara menjadi selebgram sukses.

13. Bisa dapat uang banyak


Nah di Instagram Anda bisa dapat banyak uang dan kaya raya loh. Selain para selebgram, banyak sekali mereka yang bisa mendapatkan uang dari aplikasi Instagram ini.

Lewat Instagram Anda bisa mempromosikan bisnis Anda dan menjual produk Anda.

Untuk lebih lengkapnya yuk lihat pada artikel cara mendapatkan uang di Instagram bagi pemula.

Diatas adalah manfaat Instagram secara umum. Bagi Anda yang masih pelajar, ada banyak sekali manfaat Instagram yang bisa Anda peroleh. Langsung saja, berikut manfaat Instagram bagi para siswa dan mahasiswa:

Manfaat Instagram bagi pelajar


1. Mencari ilmu


Manfaat pertama Instagram bagi pelajar adalah sudah pasti dapat mencari ilmu. Anda dapat mencari ilmu apapun di Instagram seperti teknologi, budaya, sejarah, matematika, agama, dan lain-lain.

Di Instagram ada banyak sekali akun-akun yang khusus memposting tentang sesuatu hal yang bisa dicontoh, dipelajari, dan diambil ilmunya.

2. Menciptakan komunitas


Bila di WhatsApp Anda mungkin membuat grup untuk komunitas atau kelompok sendiri, nah di Instagram Anda juga bisa membuatnya.

Malah Anda bisa membuat akun khusus untuk komunitas Anda. Nah di akun tersebut dapat memposting tentang ilmu-ilmu dan bahan-bahan pembelajaran di sekolah.

3. Bisa menjadi sumber informasi sekolah dan universitas


Selain itu, Instagram juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi di sekolah atau di universitas.

Hampir semua sekolah dan universitas memiliki akun Instagram khusus.

Lewat akun-akun tersebut para siswa dan mahasiswa dapat melihat informasi yang dibagikan pihak sekolah atau universitas seperti event-event, pengumuman, info beasiswa, dan hal lainnya.

4. Mencari informasi beasiswa


Di Instagram Anda juga dapat mencari informasi tentang beasiswa. Cukup banyak akun-akun khusus di Instagram yang membagikan informasi tentang beasiswa.

Anda bisa mengetik dipencarian Instagram dengan keyword beasiswa, nanti akan banyak keluar akun-akun khusus yang membagikan informasi tentang beasiswa.

5. Mencari uang jajan


Tidak bisa dipungkiri lagi memang, sangat banyak mereka yang bisa mendapatkan penghasilan di Instagram, bahkan bisa menjadi jutawan.

Bagi Anda yang masih sekolah, Anda bisa mendapatkan uang jajan di Instagram dengan cara berjualan. Anda bisa berjualan apapun di Instagram, misal keperluan sekolah, kue, kerajinan tangan dan lain-lain.

Diatas adalah manfaat Instagram secara umum dan bagi pelajar, lantas apa manfaat Instagram untuk bisnis? Bagi Anda seorang pembisnis, Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk memajukan bisnis Anda, berikut manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh dengan Instagram untuk membuat bisnis Anda berkembang:

Manfaat Instagram untuk bisnis


1. Mencari sumber inspirasi usaha


Anda bingung ingin membuka usaha apa? Anda cukup membuka aplikasi Instagram, disana sangat banyak akun-akun yang khusus membuat postingan tentang peluang usaha.

Anda cukup mengetik di pencarian Instagram dengan kata kunci peluang usaha. Akan banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda coba yang sesuai dengan hobi Anda.

2. Media promosi usaha


Selama ini Instagram banyak dimanfaatkan oleh para pembisnis untuk mempromosikan usahanya.

Banyak cara yang bisa dilakukan di Instagram untuk mempromosikan usaha atau bisnis, seperti membuat akun khusus untuk usaha tersebut, membuat postingan lalu memasang iklan di Instagram, membayar selebgram dan lain-lain.

3. Berjualan lewat Instagram


Instagram selain digunakan oleh para pembisnis untuk mempromosikan usahanya, banyak juga dari mereka yang langsung berjualan di akun Instagram nya.

Untuk berjualan di Instagram, Anda harus memiliki produk terlebih dahulu yang ingin dijual. Selanjutnya buat akun khsusus tentang produk Anda tersebut, foto dan upload.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat pada artikel cara berjualan di Instagram agar laris manis ini.

4. Memudahkan calon pelanggan menemukan bisnis Anda


Karena Instagram adalah aplikasi media sosial, jadi dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun, hal ini tentu akan memudahkan calon pelanggan Anda menemukan produk yang Anda jual tanpa perlu memasang iklan secara offline di banyak tempat.

5. Pasang iklan dengan harga yang murah dan tepat


Di Instagram Anda juga dapat mempromosikan bisnis atau produk Anda dengan cara memasang iklan iklan di Instagram.

Yang bagusnya lagi, Anda dapat memilih wilayah mana produk Anda ditampilkan. Bila Anda ingin menjual produknya khusus bagi warga Jakarta, Anda bisa memilih kota Jakarta saja.

Lalu, anggarannya juga dapat Anda tentukan sendiri. Minimal sehari adalah 10 ribu rupiah. Sangat murah bukan?

6. Bisa mengenal pelanggan lebih dekat


Lewat Instagram Anda dapat mengenal lebih dekat dengan pelanggan atau calon pelanggan Anda. Anda dapat berkomunikasi dengan mereka lewat pesan di Instagram. Anda dapat mendengar keluhan dan kemauan para pelanggan Anda. Jadi kedepannya Anda bisa memperbaiki hal yang kurang tersebut agar pelanggan Anda puas.

7. Bisa merespon keluhan pelanggan dengan cepat akurat


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dengan adanya Instagram Anda dapat mendengar keluhan para pelanggan Anda lewat pesan DM yang mereka kirim dan meresponnya dengan cepat, jadi tidak akan membuat mereka kecewa.

8. Bisa memantau pasar dan memahami persaingan


Lewat aplikasi Instagram, Anda dapat memantau pasar dan memahami persaingan yang sedang terjadi. Contoh bila ada produk serupa yang dijual di Instagram juga dengan harga yang lebih murah dari Anda dan kualitasnya juga lebih bagus, nah Anda dapat berbenah, jangan sampai nanti produk Anda kurang laku.

Manfaat Instagram menurut para ahli


Apa manfaat Instagram menurut para ahli? Sepertinya belum ada seorang ahli pun di dunia ini yang membuat ulasan tentang manfaat Instagram. Namun bila ada pendapat dari para ahli, pasti mereka akan beranggapan manfaat Instagram itu seperti yang sudah dipaparkan di artikel ini.

Dampak buruk Instagram


Apa saja dampak negatif Instagram bagi kehidupan manusia? Untuk mengetahuinya Anda bisa melihat pada artikel dampak negatif Instagram bagi kehidupan manusia yang sudah di ulas secara lengkap.

Kesimpulan


Instagram adalah media sosial berbagi foto yang cukup populer. Sangat banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh di Instagram seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Nah sekarang tergantung dengan Anda sendiri apakah ingin memanfaatkan aplikasi Instagram ini seperti yang sudah disebutkan diatas atau ingin menggunakannya untuk tujuan lain.

Itu semua tergantung dengan Anda, malah aplikasi Instagram bisa memberikan dampak buruk bagi para penggunanya bila salah dipergunakan.

Lihat juga:

Itulah artikel singkat yang membahas tentang manfaat Instagram secara umum, untuk bisnis dan bagi para pelajar. Bagaimana apakah Anda sudah dapat memperoleh semua manfaat dari Instagram seperti yang sudah dijelaskan diatas?

Bila ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan atau ada manfaat lainnya dari Instagram yang Anda ketahui, Anda bisa membagikannya dengan kami dikolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar