Thursday, December 3

Panduan Cara Upload IGTV Terbaru Lengkap

Bagaimana cara upload video di IGTV Instagram? Instagram adalah media sosial yang cukup besar dan memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif diseluruh dunia.

Indonesia sendiri adalah negara yang masuk dalam daftar negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia.

Sama hanya dengan media sosial lainnya, di Instagram Anda juga dapat berteman dengan siapa saja, mengupload foto dan video, chatting, video call, live dan lain-lain.

Dulu saat awal-awal kemunculan aplikasi Instagram, Anda hanya dapat mengupload video dengan durasi maksimal 15 detik saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Instagram menambah durasi video yang di upload menjadi maksimal 1 menit.

Namun tidak hanya segitu, Instagram merasa durasi 1 menit tidak lah cukup dan memuaskan para penggunanya yang ingin mengupload video dengan durasi lebih panjang lagi.

Pada tahun 2018 Instagram meluncurkan IGTV yang memungkinkan para penggunanya mengupload video dengan durasi lebih panjang maksimal 15 menit namun video tersebut secara vertikal alias potret.

Ketika Anda mengupload video horizontal atau landscape, jelas video tersebut akan terpotong.

Pihak Instagram ternyata tau banyak para penggunanya yang tidak suka dengan video format vertikal, selain itu video yang di unggah ke IGTV juga tidak mengalami kenaikan penggunanya.

Untuk menyaingin Youtube dan menjaring lebih banyak pengguna lagi, pada tahun 2019 IGTV memungkinkan penggunanya untuk mengupload video dalam format horizontal dan vertikal.

Nah selain itu durasi upload video ke IGTV ditingkatkan lagi menjadi 60 menit. Wah benar-benar ingin bersaing dengan Youtube ya, dan rumornya lagi kedepannya para pengguna Instagram dapat juga mendapatkan uang dari iklan yang bakalan tampil di video IGTV. Cukup menarik bukan?

IGTV ini memang sudah lama ada, namun masih banyak para pengguna Instagram yang masih bingung bagaimana cara upload video ke IGTV mengingat tombol IGTV yang sekarang menghilang di beranda yang biasanya ada di pojok kanan atas.

Syarat upload video ke IGTV


Cara upload video ke IGTV bisa dilakukan lewat dua cara, yaitu lewat hp dan lewat PC.

Lewat aplikasi Instagram yang ada di HP Android atau iPhone Anda, durasi video maksimal 15 menit dengan ukuran file maksimal 650 MB.

Lewat PC maksimal durasi adalah 60 menit dan ukuran file maksimal 3.6 GB.

Anda dapat mengupload format video vertikal dengan rasio aspek 9:16 atau video horizontal dengan rasio aspek 16:9. Selain itu video harus memiliki frame rate minimal 30 FPS (frame per detik) dan resolusi minimal 720 piksel.

Lantas bagaimana cara upload video ke IGTV? Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini cara upload video ke IGTV terbaru dan lengkap:

Cara upload IGTV

Cara Upload IGTV Terbaru


1. Buka aplikasi Instagram yang ada di hp Android atau pun iPhone Anda. Login terlebih dahulu jika belum. Bila sudah login, pada halaman beranda klik icon upload paling bawah tengah tersebut.


2. Cari video di galeri hp Anda yang ingin Anda upload ke IGTV, bila sudah klik icon panah sudut kanan atas tersebut.


3. Klik conteng pada pilihan kedua "Video Panjang". Bila sudah klik "Lanjutkan".


4. Anda bisa memilik gambar sampul dari video tersebut atau mengupload gambar sampul dari galeri hp Anda, klik pada "Tambahkan dari Galeri" bila Anda ingin menambahkan gambar sampul dari galeri.


5. Bila sudah memilih gambar thumbnail atau sampul nya, klik "Selanjutnya".


6. Silahkan masukkan judul, keterangan dan klik pada conteng "Posting cuplikan" untuk menampilkan beberapa detik cuplikan video IGTV di feed akun Instagram Anda. Bila pengaturan lainnya sudah Anda atur semua langsung saja klik "Posting" untuk mengupload video IGTV tersebut.


Selamat Anda telah berhasil mengupload video ke IGTV lewat aplikasi Instagram yang ada di hp Android atau pun iPhone Anda. Video tersebut sekarang sudah tampil diberanda dan dapat dilihat oleh para followers Anda.


Nah sekarang di feed Anda sudah ada tombol IGTV. Video-video IGTV yang bakalan Anda upload nanti akan bisa dilihat dengan mudah lewat tombol ini karena tidak bercampur lagi dengan postingan lain.


Silahkan klik bila ingin menontonnya.


Berikut tampilan video yang Anda upload ke IGTV tadi. Bila video format landscape klik icon sudut kanan bawah tersebut bila ingin menonton dengan layar penuh.


Itulah cara upload video di IGTV. Bagaimana apakah Anda sudah berhasil mengupload video di IGTV?

Upload video ke IGTV terpotong?


Apakah video format horizontal atau landscape yang Anda upload ke IGTV terpotong? Bila iya penyebabnya adalah video tersebut durasinya lebih dari 15 menit dan ukuran file nya 650 MB.

Bila Anda ingin mengupload video ke IGTV yang durasinya lebih dari 15 menit dan ukurang file nya lebih dari 650 MB, Anda harus menguploadnya lewat PC agar tidak terpotong video nya.

Namun Anda tidak perlu membuka PC, karena Anda bisa mengupload nya lewat web browser yang ada di hp Android atau pun iPhone Anda. Berikut caranya:

Cara Upload Video Di IGTV Tanpa Terpotong


1. Silankan buka web browser yang ada di hp Anda. Pada artikel tutorial ini menggunakan web browser Google Chrome. Buka situs instagram.com. Masuk ke akun Instagram Anda dan buka bagian profil. Selanjutnya klik pada titik tiga kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Klik conteng pada "Situs desktop" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Sekarang tampilannya sudah berubah seperti Anda membukanya di PC atau laptop Anda. Selanjutnya klik pada icon "IGTV" tersebut.


3. Klik icon "Upload" untuk langsung mengupload video dengan durasi lebih panjang ke IGTV.


4. Klik pada icon tambah tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini untuk mengambil video yang ada di galeri hp Anda.


5. Selanjutnya klik pada "File".


6. Silahkan cari video yang ingin Anda upload tersebut, bila sudah klik "Pilih" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


7. Hampir sama seperti Anda menguploadnya lewat hp, Anda bisa menambahkan judul, keterangan, sampul, dan lain-lain. Klik "Post" untuk langsung mempostingnya bila sudah siap terupload.


Berikut video IGTV yang Anda upload tersebut.


Dan juga sudah muncul ketika dibuka lewat aplikasi Instagram yang ada di hp Anda. Klik untuk melihatnya.


Selamat Anda telah berhasil mengupload video ke IGTV tidak terpotong lagi.


Nah tidak perlu lagi harus menggunakan PC atau laptop agar dapat mengupload video dengan durasi lebih lama serta ukuran filenya gede. Cukup lewat trik diatas Anda sudah dapat mengupload video ke IGTV tidak terpotong lagi.

Kesimpulan


IGTV adalah salah satu fitur yang patut Anda coba bila Anda memiliki video yang cukup panjang untuk dimasukkan ke Instagram. Jadi Anda tidak perlu lagi memotong-motong video dan di upload secara multiple di Instagram.

Semoga kedepannya IGTV Instagram bisa seperti Youtube juga yang bisa menampilkan iklan di video yang di upload ke IGTV, lalu para pemilik video mendapakan uang dari klik iklan tersebut. Sangat menarik bukan? Kita tunggu saja kedepannya akan seperti apa IGTV ini.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas bagaimana cara upload video di IGTV terbaru ini. Bagaimana apakah Anda sudah berhasil mengupload video ke IGTV tanpa terpotong dan dengan durasi yang lebih panjang lewat cara diatas?

Bila Anda kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar