Thursday, February 11

3 Cara Menghemat Kuota Instagram Terbaru

Bagaimana cara menghemat kuota Instagram agar tidak boros lagi? Bila kuota internet Anda sangat boros ketika membuka Instagram, yuk simak artikel ini sampai tuntas agar kuota internet Anda bisa hemat.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang cukup hit dan sangat banyak jumlah penggunanya ini berbeda dengan kakak nya yaitu Facebook.

Bila di Facebook, ketika Anda membuka aplikasi Facebook maka Anda akan melihat postingan teman-teman Anda dalam bentuk foto dan video serta postingan yang hanya tulisan saja atau teks.

Namun berbeda dengan aplikasi Instagram, saat Anda membuka aplikasi Instagram, maka Anda akan melihat postingan dalam bentuk foto dan video semua, jelas hal ini akan membuat kuota Internet Anda boros dan cepat habis.

Ketika membuka aplikasi Instagram, postingan foto dan video akan termuat semua secara otomatis sampai jauh ke bawah, apalagi postingan dalam bentuk video yang akan terputar secara otomatis dan tidak ada tombol play stop nya.

Nah bila kuota Anda cuma tersisa beberapa puluh MB saja, sudah pasti saat Anda membuka aplikasi Instagram kuota tersebut akan langsung habis.

Hal ini pasti akan bermasalah bila Anda ingin menghemat pengeluaran tapi tetap ingin membuka aplikasi Instagram hanya karena ingin mendapatkan update dari akun-akun yang Anda ikuti.

Tapi sekarang Anda tidak perlu kuatir karena Anda dapat menghemat kuota Instagram lewat beberapa trik dibawah ini.

Lantas bagaimana cara menghemat kuota Instagram?

Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara menghemat kuota Instagram versi terbaru terbukti ampuh:

Cara menghemat kuota Instagram

Cara Menghemat Kuota Instagram


Mengaktifkan fitur penghemat kuota pada aplikasi Instagram


1. Untuk cara yang pertama ini, silahkan buka aplikasi Instagram yang ada di hp Android atau iPhone Anda. Login dan buka profil akun Instagram Anda. Selanjutnya klik pada icon garis tiga sudut kanan paling atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Lalu klik menu "Pengaturan" paling bawah tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


3. Klik "Akun".


4. Selanjutnya pilih "Penggunaan Data Seluler".


5. Langsung saja aktifkan penghemat data tersebut dengan cara klik conteng pada "Penghemat Data" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Selamat Anda telah berhasil mengaktifkan fitur penghemat pada aplikasi Instagram. Saat fitur ini sudah Anda aktifkan, video tidak akan dimuat di awal untuk membantu Anda menggunakan lebih sedikit data.

6. Selanjutnya klik pada "Media Beresolusi Tinggi".


7. Pilih "Tidak pernah" untuk memilih ingin diputar pada jaringan apa media beresolusi tinggi tersebut.


Tidak pernah = Artinya aplikasi Instagram tidak akan menampilkan media bersolusi tinggi.
WiFi Saja = Media beresolusi tinggi akan ditampilkan ketika Anda sedang menggunakan WiFi.
Seluler + WiFi = Media beresolusi tinggi akan ditampilkan ketika Anda sedang menggunakan jaringan seluler dan wifi.

Nah bila Anda memilih tidak pernah maka saat Anda membuka aplikasi Instagram video akan terbuka namun kualitasnya akan menurun hal ini pasti akan menghemat kuota internet Anda.

Anda dapat mengembalikan pengaturan ini kapan saja bila ingin kembali menonton video di Instagram dengan kualitas asli.

Mematikan notifikasi Instagram


Mematikan notifikasi Instagram ternyata dapat membuat kuota internet Anda akan sedikit hemat karena aplikasi Instagram tidak akan menampilkan notifikasi nya. Cara mematikan notifikasi Instagram sangat mudah untuk dilakukan, silahkan buka menu pengaturan, lalu klik pada "Notifikasi".


Silahkan pilih notifikasi mana yang ingin Anda matikan seperti postingan, cerita, komentar, pengikut, pesan, dan lain-lain.


Klik conteng pada "Nonaktif" untuk langsung mematikan notifikasi pemberitahuannya. Atau Anda juga dapat memilih "Dari Orang yang Saya Ikuti" bila ingin mendapatkan notifikasi hanya dari akun yang Anda follow saja.


Membuka Instagram lewat web browser


Cara yang ketiga yang bisa Anda coba untuk menghemat kuota Instagram adalah membuka Instagram lewat web browser yang ada di hp Anda. Dengan membuka Instagram lewat web browser yang ada di hp, postingan video tidak akan dapat diputar secara otomatis, Anda harus klik tombol play pada video tersebut untuk menontonnya, jadi hal ini pasti akan sangat menghemat kuota internet Anda.



Memang membuka Instagram lewat web browser tidak senyaman ketika Anda membuka lewat aplikasi Instagram, tapi paling tidak akan membuat kuota internet Anda jadi hemat dengan tidak diputarnya postingan video secara otomatis tersebut.

Itulah artikel singkat yang membahas cara agar tidak boros kuota Instagram. Bagaimana ternyata sangat mudah sekali bukan cara hemat kuota Instagram nya?

Kesimpulan


Instagram memang aplikasi yang bikin kuota internet Anda cepat habis karena menampilkan foto-foto yang berkualitas bagus serta video nya yang langsung diputar secara otomatis ketika Anda membuka aplikasinya.

Lihat juga:

Lakukan cara-cara diatas supaya kuota internet Anda tidak cepat habis ketika membuka aplikasi Instagram. Bagaimana apakah Anda telah berhasil mencoba tips dan cara diatas?

Demikian artikel artikel cara menghemat kuota Instagram ini. Bila ada masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar