Wednesday, March 24

Cara Melaporkan Akun Instagram Penipuan Uang Kembali

Bagaimana cara melaporkan akun Instagram penipuan atau akun penipu ke pihak Instagram agar akunnya dihapus lalu penipu tersebut ditangkap polisi? Tenang, bila Anda masih belum tau carannya, yuk simak artikel ini sampai usai untuk melihat caranya.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang sangat hit dan cukup banyak jumlah penggunanya ini hampir digunakan oleh seluruh golongan manusia di dunia.

Di Instagram banyak hal yang bisa dilakukan, sama hanya dengan media sosial lainnya Anda dapat membuat postingan dalam bentuk foto dan video, mencari teman dan saling berteman, chatting, video call, serta aktivitas menarik lainnya layaknya sebuah media sosial.

Selain itu, karena jumlah penggunanya yang sangat banyak, media sosial milik Facebook Inc ini juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berbisnis atau mencari uang di Instagram.

Banyak yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk berjualan, baik itu produk kecantikan, pakaian, alat elektronik, jasa dan lain-lain.

Nah di Instagram semua orang bisa berjualan apapun itu dan tidak ada yang larang. Jadi tidak semua pedagang online atau online shop di IG bisa dipercaya, ada yang jujur dan ada tukang tipu.

Hati-hati melakukan transaksi apapun di Instagram dengan online shop yang tidak jelas, Anda bisa ditipu.

Banyak kasus ketika uangnya di transfer lalu barangnya tidak dikirim dan akun kita diblokir, ada juga barangnya sampai namun barang tiruan atau tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Bagaimana apakah Anda pernah ditipu seseorang ketika ingin membeli suatu produk di Instagram? Atau teman dan keluarga Anda?

Bila iya, Anda harus melaporkan akun tersebut ke pihak Instagram agar diblokir atau dihapus. Lantas bagaimana cara melaporkan akun Instagram penipu?

Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara melaporkan akun Instagram penipuan termudah:

Cara melaporkan akun Instagram penipu

Cara Melaporkan Akun Instagram Penipuan


1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk me-report akun tersebut adalah membuka terlebih dahulu profil akun penipu tersebut. Bila sudah langsung saja klik pada titik tiga kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Pilih "Laporkan".


3. Klik "Ini tidak pantas".


4. Selanjutnya "Laporkan Akun".


5. Lalu klik pada "Konten postingannya yang tidak seharusnya berada di Instagram" yang pertama tersebut.


6. Lalu klik "Penipuan atau penggelapan".



Selamat Anda telah berhasil melaporkan akun tersebut sebagai akun penipuan atau penggelapan.


Silahkan tunggu beberapa jam atau hari sampai masuk notifikasi dari pihak Instagram yang memberitahukan apakah akun tersebut dihapus atau tidak.

Namun bila sudah melewati beberapa hari atau minggu tidak ada pemberitahuan apapun dari Instagram tentang laporan Anda, berarti laporan Anda tidak ditanggapi oleh pihak Instagram. Bisa jadi pihak Instagram mengira Anda adalah orang iseng yang mereport akun seseorang.

Cara report akun Instagram agar hilang


Bila Anda sudah melaporkan akun Instagram penipuan ke pihak Instagram namun tidak ada tanggapan dan akun tersebut masih berkeliaran, solusinya adalah melaporkannya secara berjamaan.

Silahkan ajak teman, saudara dan pengikut Anda sebanyak-banyaknya untuk melaporkan akun tersebut. Biasanya pihak Instagram akan menganggapi bila ada akun yang dilaporkan oleh banyak orang, lalu akun tersebut langsung di nonaktifkan atau dihapus.

Lapor ke situs Cek Rekening


Situs cekrekening adalah situs web milik pemerintah atau Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO) yang bisa Anda manfaatkan untuk melaporkan rekening penipu tersebut.

Silahkan buka situs tersebut, masukkan nomor rekening penipu tersebut dan informasi lainnya yang diminta lalu kirim.

Lapor ke Polisi


Melaporkan akunnya saja tidaklah cukup, walaupun di hapus oleh pihak Instagram besar kemungkinan pelaku akan membuat akun baru lagi dan menipu lagi.

Agar pelaku penipuan tersebut tidak mengulangi lagi perbuatannya dan menimbulkan efek jera, Anda wajib melaporkannya ke pihak polisi.

Ketika polisi sudah berhasil menangkapnya, Anda bisa menuntutnya buat mengganti semua kerugian Anda, jadi uang Anda bisa kembali lagi.

Tips agar tidak mudah tertipu online shop Instagram


Jangan sampai deh Anda kena tipu lagi, yuk ketahui ciri-ciri akun penipu di Instagram seperti dibawah ini:
  • Biasanya akun olshop penipu memiliki sedikit postingan
  • Postingan nya ala kadarnya saja dan tampak tidak professional
  • Gambar postingan bukan foto produk sendiri dan ambil di Google atau di akun orang
  • Testimoni tampak palsu dan ambil punya orang juga
  • Barang yang dijual dengan harga sangat murah dan tidak masuk akal
  • Tidak banyak like atau komentar pada postingan produknya walaupun Followers nya cukup banyak
  • Kolom komentar dinonaktifkan atau dibatasi

Untuk akun Instagram yang jujur dan tidak menipu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Umumnya mereka juga berjualan di tempat lainnya, misal di tokopedia, bukalapak, shopee dan lain-lain
  • Akun Instagram nya ada yang sudah centang biru
  • Terdapat informasi kontak yang jelas dan bisa dihubungi

Kesimpulan


Selalu berhati-hati bila ingin melakukan transaksi apapun dan dimanapun berada dan tidak hanya di Instagram. Bila Anda ragu untuk membeli sesuatu di Instagram walaupun akun tersebut tampak tidak menipu, maka lebih baik Anda untuk tidak melakukannya.

Beli lah di situs marketplace terpecaya seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain-lain. Para penjual di situs-situs tersebut akan sulit untuk melakukan penipuan karena uang Anda akan ditahan terlebih dahulu oleh marketplace tersebut, bila barangnya sudah ada ditangan Anda baru uangnya di teruskan ke penjualnya.

Lihat juga:
Cara melaporkan akun Instagram palsu agar diblokir
Cara menghapus akun Instagram orang lain secara permanen

Demikian artikel yang membahas tentang cara melaporkan akun Instagram penipu agar akun tersebut dihapus atau pelakunya di tangkap polisi.

Bila ada masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Muat Komentar